12 Guru Ambon Ikut Seleksi Guru Berprestasi

12 Guru Ambon Ikut Seleksi Guru Berprestasi

12 Guru Ambon Ikut Seleksi Guru Berprestasi

12 Guru Ambon Ikut Seleksi Guru Berprestasi
12 Guru Ambon Ikut Seleksi Guru Berprestasi

Sebanyak 12 orang guru di Kota Ambon akan mengikuti seleksi guru berprestasi

mewakili Provinsi Maluku di tingkat nasional tahun 2016.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kainama, Selasa (2/8) mengatakan perwakilan guru tersebut masing-masing guru dan kepala sekolah Taman Kanak-kanak (TK), SD, sekolah menengah pertama (SMP), serta guru SMA dan SMK, kata.

Ia menjelaskan, seleksi guru berprestasi dilakukan tingkat provinsi yang diikuti tujuh kabupaten dan kota di Maluku. Hasilnya, perwakilan dari Kota Ambon dinyatakan lulus 12 orang yang akan mengikuti seleksi tingkat nasional.

Penilaian para guru dan pengawas dilakukan Forum Pendidikan Prestasi Kota Ambon

dan Provinsi Maluku sejak Mei 2015.

Penilaian tersebut meliputi portofolio, penguasaan akademik yakni wawancara dan tes tertulis, karya ilmiah untuk penelitian tindakan kelas dan tindakan sekolah, serta persentase terhadap karya ilmiah untuk penguasaan ilmu teknologi.

“Para guru juga telah melewati tahapan penilaian yang cukup banyak,

tetapi kami bersyukur guru-guru Kota Ambon memiliki keterampilan dan pengetahuan yang baik, sehingga akan mewakili Provinsi Maluku ke tingkat nasional,” katanya.

Benny menjelaskan terpilihnya perwakilan dari Kota Ambon tersebut membuktikan tingkat kompetensi guru dan pengawas mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan guru dari kota dan kabupaten lain di Maluku.

Tingkat pendidikan di Kota Ambon semakin baik dan kualitasnya meningkat. Para guru berprestasi memiliki kompetensi, profesionalisme dan kepribadian.

“Kita semua harus bangga atas prestasi yang dicapai. Langkah ini harus didukung agar di tahun selanjutnya bisa dipertahankan,” ujarnya.

Ditambahkannya, seleksi guru berprestasi ini adalah agenda rutin setiap tahun, yang seleksinya dilaksanakan pada bulan Agustus .

“Keseluruhan guru berprestasi ini nantinya akan berangkat ke Jakarta pada 11 Agustus, mereka juga akan diberikan kesempatan mengikuti upacara peringatan Proklamasi RI di Istana Negara, bersama dengan dokter dan lurah berprestasi,” katanya.

 

Baca Juga :