3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut
3 Bencana Besar Yang Dihadapi Saat Sakaratul Maut

Ketahuilah bahwa tidak ada kasus yang lebih seram bagi insan kecuali kematian. Maka patutlah kiranya kalau kita tidak terlalu bersenang-senang dalam hidup, kita selalu memikirkan , merenungkan dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menyambut kehadirannya. Sebagian orang bijak berkata : “ Kamu tidak akan dapat mengetahui kapan petaka yang menimpa orang lain akan menimpamu.

Lukmanul hakim pernah berkata kepada anaknya, ”Ada kasus yang tidak engkau ketahui kapan ia akan hadir kepaamu. Oleh karenanya, bersiaplah sebelum ia hadir mengejutkanmu. Anehnya , ketika seseorang mengetahui bahwa sekompi tentara akan hadir kepadanya memukulnya dengan lima pukulan , ia akan merasa was-was dan mengakhawatikan nasibnya sepanjang waktu. Namun ketika yang akan hadir ialah malaikat maut, bagaimana ia tidak merasa was-was akan nasib dirinya. Ketahuilah bahwa rasa sakit ketika sakratul maut menjemput spesialuntuk sanggup diketahui oleh orang yang pernah merasakannya, sedangkan orang yang belum pernah merasakannya spesialuntuk membandingkan rasa sakit yang pernah ia rasakan .
Ada tiga fase peristiwa besar yang dihadapi insan ketika menghadapi sakaratul mau :

Bencana pertama : Rasa sakit tang begitu dahsyat

Ketika seseorang menghadapi sakaratul maut, teriakan dan suaranya akan tersendak-sendak disebabkan akan rasa sakir yang begitu dahsyat yang sudah menjalar dihati dan bersemayam disekujur badan sehingga melemahkan seluruh kekuatannya dan pada balasannya ia tidak bisa lagi untuk memohon pertolongan. Saat itu kemampuan nalar sudah lumpuh dan kacau balau , pengecap menjadi beku dan kaku, sedangkan seluruh organ badan menjadi lemah terkulai. Seandainya ia bisa istrahat, berteriak dan minta dukungan niscaya ia akan lakukan. Namun ia tak sanggup melakukannya, jikalau masih ada kekuatan yang tersisa dalam dirinya, maka itu spesial untuk sanggup dipakai untuk mendengarkan bunyi tersengal-sengal dari kerongkongannya. Sedangkan dadanya sudah berubah warnadan terbujur kaku, seolah-olah muncul darinya debu yang ialah materi asal penciptaannya. Lalu mulailah roh dicabut dari persendiannya, kemudian tiruana anggota badan mati perlahan-lahan. Mulai dari kedua kakinya menjadi hambar , kemudian betis dan paspesialuntuk. Seluruh anggota badan menghadapi masa kritis dan kebingungan yang luar biasa hingga roh hingga ketenggorokan. Ketika itu terputuslah pandangannya dari dunia dan penghuninya, serta ditutuplah pintu tobat darinya.

Baca Juga: Ayat Kursi

Bencana kedua : Menyaksiakan malaikat maut yang sanggup membuat rasa gentar dan takut dalam hati selama setahun

Diriwayatkan sebenarnya Nabi Ibrahim pernah berkata kepada malaikat maut, “Bisakah engkau menawarkan bentukmu kepadaku dikala engkau mau mencabur tuhnya pendosa ? “Malaikat maut menjawaban, “Engkau tidak akan bisa menyaksikannya, tapi baiklah. Sekarang berpalinglah dariku. “ Ketika Nabi Ibrahim berpaling, ia melihat seorang pria berambut hitam tegak, berbau busuk dan berpakaian hitam, dari lisan dan lubang hidungnya keluar asap dan api yang berkobar-kobar, sehingga membuat nabi Ibrahim jatuh pingsan. Ketika Nabi Ibrahim sadar, malaikat maut sudah berubah wujudnya tiruanla, kemudian nabi Ibrahim berkata, “ Bagaimana kondisi orang yang banyak dosa dikala menemui ajalnya, sungguh ia akan sangat ketakutan melihat wujudmu “. Lalu bagaimana wujudmu ketika engkau mau mencabut roh orang mukmin?, Malaikat maut berkata berpalinglah, kemudian nabi Ibrahim berpaling, ketika membalikkan tubuhnya tiba-tiba ia melihat seorang perjaka tampang berpenampilan rapi, membersihkan, dan harum baunya, sehabis itu nabi Ibrahim berkata, “ Jika dikala orang mukmin menemui ajalnya, ia melihat wujud menyerupai ini, sungguh ia akan merasa bahagia dan tenang.

Bencana ketiga : Para pelaku maksiat akan menyaksikan daerah mereka dineraka

sehingga mereka pun sangat ketakutan
Nyawa mereka tidak akan keluar dari jazad sebelum malaikat mau memberikan salah satu dari dua kasus ini, yaitu “ Bergembiralah dengan neraka wahai bagi musuh Allah, “ Bergembiralah dengan sorga , wahai bagi wali Allah”. Mereka yang berfikir niscaya takut akan hal ini sebagaimana Rasulullah bersabda, “Roh salah satu dari kalian tidak akan keluar dari dunia hingga iamengetahui kemana arah perjalannya, dan hinggaia akan melihat daerah tinggalnya, disorgaatau dineraka “.

Anda mungkin juga suka...