325 Pelajar Bogor Meriahkan Pasanggiri 2018

325 Pelajar Bogor Meriahkan Pasanggiri 2018

325 Pelajar Bogor Meriahkan Pasanggiri 2018

325 Pelajar Bogor Meriahkan Pasanggiri 2018
325 Pelajar Bogor Meriahkan Pasanggiri 2018

Sebanyak 325 pelajar Kota Bogor mengikuti lomba Pasanggiri tingkat Kota Bogor 2018.

Perlombaan yang diikuti pelajar SD dan SMP di Kota Hujan ini berlangs­ung di SMPN 12 Bogor, kemarin. Menurut Sekretaris Disdik Kota Bogor, Jana Sujana, kegiatan ini ber­tujuan untuk meningkatkan ino­vasi, kreativitas, rasa cinta siswa terhadap seni dan sastra Sunda.

Selain itu, untuk memilih juara dan mempersiapkan untuk tingkat Pro­vonsi Jawa Barat.

“Kegiatan tahunan ini merupakan salah satu upaya Disdik mengenalkan budaya Sunda di kalangan pelajar. Karena, sangat efektif untuk memperkenalkan se­kaligus melestarikan seni budaya Sunda kepada para pelajar khusus­nya di wilayah Jawa Barat,” katanya.

Ia pun berharap, dengan kegiatan ini dapat melestarikan seni dan bu­daya Jawa Barat khususnya basa Sunda. Termasuk, para pelajar dapat mengembangkan pendidikan ka­rakteristik dalam kehidupan sehari hari. “Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan siapapun pe­menang bisa membawa nama baik Kota Bogor di tingkat lebih lanjut,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ted­dy Kusnadi menjelaskan, ada lima mata lomba yang digelar pada Pa­sanggiri tingkat Kota

Bogor 2018. Diantaranya, lomba membaca sajak Sunda, mendongeng Sunda, menu­lis dan membaca aksara Sunda, ka­wih Sunda dan tembang pupuh. Sementara, untuk juri dari para pengawas dan guru. “Para juara akan menerima tropi, piagam dan uang pembinaan. Adapun juara 1 dan 2 akan dipersiapkan dalam lomba tingkat provinsi,” kata Kasi Kesis­waan SMP di Disdik Kota Bogor

 

Baca Juga :