AFTA ( ASEAN Free Trade Area Area)

AFTA ( ASEAN Free Trade Area Area)

AFTA atau kawasan perdagangan bebas ASEAN adalah forum kerja sama antarnegara ASEAN yang bertujuan menciptakan wilayah perdagangan bebas di seluruh kawasan ASEAN. EFTA didirikan pada tahun 1959 sebagai lembaga kerja sama ekonomi antara negara-negara Eropa yang tidak termasuk MEE. Negara anggota EFTA terdiri atas Austria, Swiss, Denmark, Norwegia, Swedia, dan Portugal.

  1. APEC ( Asia Pacific Economic Cooperation Cooperation)

2.APEC merupakan forum kerja sama negara di kawasan Asia Pasifik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, perdagangan, dan investasi di antara sesama negara anggota. Keberadaan APEC atas prakarsa Bob Hawke (perdana menteri Australia). Tujuan dari APEC tertuang dalam Deklarasi Bogor pada tahun 1994, yaitu menetapkan kawasan APEC sebagai kawasan perdagangan dan investasi bebas dan terbuka yang berlaku paling lambat tahun 2020.

  1. Organisasi Konferensi Islam (OKI)

Organisasi Konferensi Islam (OKI) merupakan organisasi internasional non militer yang didirikan di Rabat, Maroko pada tanggal 12 Rajab 1389 H / 25 September 1969. Dipicu oleh peristiwa pembakaran Mesjid Al Aqsha yang terletak di kota Al Quds (Jerusalem) pada tanggal 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik kristen dan yahudi di Jerusalem, telah menimbulkan reaksi keras dunia, terutama dari kalangan umat Islam .

  1. Perbankan dan Lembaga Keuangan Internasional

Diantara banyak bank korporat, ada dua bank penting bentukan bersama antara Amerika dan sekutu-sekutunya lewat konferensi Bretton Woods di akhir PD II, yaitu World Bank (WB) dan Internasional Monetory Fund (IMF). WB dan IMF adalah pilar atau pemain globalisasi, bahkan ada yang mengatakan sebagai arsitek ekonomi dunia.

  1. Kerjasama dan Perjanjian Internasional yang Bermanfaat bagi Indonesia

Kerja sama yang dilakukan oleh Indonesia mempunyai banyak manfaat. Manfaat yang

diperoleh dari kerja sama menyangkut berbagai bidang kehidupan.

  1. Bidang ideologi
  2. Bidang politik
  3. Bidang ekonomi, manfaatnya antara lain:
  4. Bidang sosial budaya, manfaatnya antara lain:
  5. Bidang pertahanan dan keamanan, manfaatnya antara lain:

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...