Apakah Daun Kelor Untuk Bayi Aman Sebagai Tambahan Nutrisi

Apakah Daun Kelor Untuk Bayi Aman Sebagai Tambahan Nutrisi

Apakah Daun Kelor Untuk Bayi Aman Sebagai Tambahan NutrisiApakah Daun Kelor Untuk Bayi Aman Sebagai Tambahan Nutrisi

Daun kelor memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sedari usia dini bahkan hingga dewasa, daun kelor mampu memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan. Namun apakah daun kelor untuk bayi juga aman digunakan?

Daya tahan tubuh bayi masihlah sangat lemah, sehingga harus sangat berhati-hati untuk memberikan tambahan asupan gizi. Begitu juga ketika Anda ingin memberikan asupan daun kelor untuk bayi berusia di bawah 6 bulan. Simak terus cara memberi asupan daun kelor untuk bayi?

Daun Kelor Untuk Bayi Usia Dibawah 6 Bulan

Besarnya nutrisi yang terkandung di dalam daun kelor membuat banyak ibu berpikir untuk menambahkan nutrisi tersebut untuk bayi. Dengan penambahan nutrisi tersebut diharapkan mampu membuat pertumbuhan anak bisa semakin sehat dan kuat.
Namun, sebelum memutuskan untuk menambahkan asupan daun kelor tersebut, Anda harus mengetahui apa dampak yang bisa ditimbulkan. Karena bayi dengan usia di bawah 6 bulan tubuhnya masih belum siap mendapatkan tambahan asupan nutrisi. Usus bayi masih belum siap menerima tambahan nutrisi untuk bisa diolah dan bekerja sesuai dengan kebutuhan tubuh.
Penambahan asupan daun kelor dikhawatirkan akan memberikan efek negatif terhadap bayi. Sebaiknya, bayi dibawah 6 bulan hanya diberikan ASI atau susu formula. Anda tidak perlu terburu-buru untuk memberikan daun kelor tersebut hingga usia bayi beranjak hingga 6 bulan.
Pada usia ini tubuh bayi masih berkembang untuk menerima berbagai macam asupan nutrisi. Tubuh juga akan terus berkembang dan semakin membutuhkan berbagai macam asupan gizi yang lebih kompleks. Seiring dengan perkembangan organ tubuh tersebut, bayi akan membutuhkan nutrisi-nutrisi lengkap yang salah satunya bisa dipenuhi dengan ekstrak dalam daun kelor.

Daun Kelor Untuk Bayi Diatas 6 Bulan
Sedangkan untuk bayi yang sudah mencapai usia di atas 6 bulan memiliki daya tahan yang relatif lebih baik untuk berbagai asupan tambahan nutrisi. Organ-organ dalam seperti usus juga sudah mampu menerima dan mampu mencerna makanan. Sehingga akan lebih baik jika penambahan asupan daun kelor setelah bayi usia 6 bulan.
Bahkan organisasi kesehatan dunia yaitu WHO merekomendasikan hal tersebut. Setidaknya sekitar 10 sampai 15 gram ekstrak daun kelor bisa ditambahkan ke dalam 100 gram susu, baik susu ASI atau susu formula.
Sudah diketahui bahwa kandungan di dalam daun kelor berupa vitamin, mineral, protein, kalsium, dan berbagai zat lainnya yang sangat kompleks. Bahkan nilai vitamin C dan A melebihi kandungan yang berada di buah jeruk dan wortel. Sehingga kandungan ini sangat baik untuk meningkatkan perkembangan otak, mata, tulang, dan daya tahan tubuh. Asupan daun kelor juga sangat baik di masa-masa pertumbuhan. Berikut manfaat daun kelor untuk anak yang bisa Anda jadikan sebagai acuan.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh Anak
Fungsi mineral yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk metabolisme tubuh. Pada usia anak-anak kebutuhan mineral sangatlah penting. Daun kelor ini memiliki mineral yang sangat kompleks dan mampu memberikan fungsi yang sangat baik terhadap metabolisme tubuh saat usia bayi dan anak-anak.

Melancarkan Pencernaan
Daun kelor juga memiliki kandungan serat sangat tinggi. Fungsi serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan di dalam tubuh anak-anak. Apalagi terdapat kalium yang nilainya empat kali lebih besar dari buah pisang, sehingga membantu dalam penyerapan nutrisi yang ada di dalam tubuh anak.

Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak
Untuk yang satu ini zat besi dalam kandungan kelor sangat berperan besar. Kandungan zat besi yang besar dalam daun kelor juga akan membuat sel darah merah bisa bekerja dengan baik. Selain membawa oksigen, zat besi ini juga membawa nutrisi yang ada di dalam darah bisa memenuhi semua kebutuhan di dalam tubuh.
Keberadaan zat besi yang cukup akan membuat anak selalu aktif. Jika kekurangan sedikit saja menimbulkan efek anemia yang membuat anak terlihat lesu dan lemah.

Membuat Tulang dan Gigi Lebih Kuat
Siapa sangka kandungan kalsium di dalam kelor ternyata lebih besar empat kali lipat dari susu. Potensi yang besar tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat tulang anak semakin lebih kuat dan sehat. Dengan adanya kalsium ini juga anak-anak akan semakin tumbuh dengan baik.
Perkembangan tulang dan gigi sangat besar pada usia-usia anak-anak hingga remaja. Terutama pada masa pertumbuhan emas di usia balita. Kandungan kalsium yang sangat besar pada daun kelor ini pastinya akan sangat tepat untuk diberikan pada usia anak-anak.

Membentuk Otot Tubuh Lebih Baik
Untuk meningkatkan massa otot tubuh anak, daun kelor bisa menjadi asupan nutrisi yang tepat. Kandungan asam amino esensial yang terdapat dalam daun kelor bisa menjadi alternatif dalam pertumbuhan otot tubuh anak.
Kandungan asam amino ini juga akan membuat proses pemulihan otot setelah beraktivitas berat. Sehingga otot tubuh anak-anak bisa lebih cepat pulih dan sehat.

Meningkatkan Perkembangan Otak
Inilah tugas untuk asam folat yang berada pada kandungan daun kelor. Asam folat inilah yang sangat dibutuhkan oleh otak agar bisa berkembang lebih baik. Apalagi ketika ditambah dengan adanya vitamin C, E, dan asam amino yang semakin meningkatkan efektivitas asam folat tersebut.
Dengan asupan yang cukup dari kandungan daun kelor pada masa pertumbuhan akan memaksimalkan kerja otak. Sehingga anak-anak akan tumbuh semakin cerdas dan akan lebih siap dengan tantangan di masa yang akan datang.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut, dan Menjaga Kulit
Fungsi dari asam amino dan vitamin E sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan kulit. Dengan kandungan zat tersebut pada daun kelor membuat rambut anak semakin kuat.
Pertumbuhan rambut yang normal pada anak-anak menunjukkan bagaimana nutrisi yang cukup. Sehingga pada saat dewasa anak Anda akan mempunyai rambut yang hitam dan lebat.
Begitu juga pada kesehatan kulit yang akan membuat anak Anda bisa terlihat lebih menawan. Dengan asupan nutrisi yang lengkap dari daun kelor semua itu bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah.

POS-POS TERBARU

Anda mungkin juga suka...