BAGIAN GINJAL MANUSIA DAN FUNGSINYA

BAGIAN GINJAL MANUSIA DAN FUNGSINYA

BAGIAN GINJAL MANUSIA DAN FUNGSINYA

BAGIAN GINJAL MANUSIA DAN FUNGSINYA
BAGIAN GINJAL MANUSIA DAN FUNGSINYA

 

Bagian Utama Ginjal dan FungsinyaUntuk mengenal belahan ginjal lebih jauh, sebaiknya kita lihat gambar diagram belahan utama ginjal disamping terlebih dahulu.

1. Korteks

Yang pertama ialah korteks, belahan terluar pada ginjal yang terletak antara kapsul ginjal dan juga medula ginjal. Fungsi korteks pada ginjal ialah sebagai pelindung ginjal itu sediri. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari tubuh malphigi. Sedangkan tubuh malphigi itu sendiri tersusun dari glomerulus yang diselimuti oleh kapsula Bowman dan juga beberapa susukan yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal dan tubulus kontortus kolektivus. Jutaan nefron yang berada pada korteks ini menciptakan permukaan kapiler ginjal menjadi lebih luas, dan ini mengakibatkan perembesan zat buang pada ginjal menjadi lebih banyak.

2.Medula

Bagian belahan ginjal dan fungsinya selanjutnya ialah medula atau sumsum ginjal yang bentuknya renal pyramid. Medula ialah tempat berkumpulnya pembuluh darah kapiler dan juga kapsula bowman. Di dalam belahan ginjal ini lah terdapat proses reabsorbsi dan juga augmentasi yang dikerjakan oleh tubulus proksimal dan juga tubulus destal. Selain itu ada lengkung henle yang menjadi belahan penghubung antara tubulus proksimal dan tubulus destal.

3. Pelvis Renalis

Selanjutnya ada pelvis renalis atau rongga ginjal, yaitu belahan pada ureter yang melebar di belahan proksimal dan terletak di belahan dalam sinus renalis yang menjadi permukaan ureter. Pelvis sendiri ialah tempat penampungan urine dan selanjutnya akan mengalirkan urine ke ureter. Setelah itu urine dari rongga ginjal akan menuju ke kandung kemuh atau vesika urinaria yang dikirim dari ureter. Dan di dalam kandung kemih, urine disimpan untuk sementara waktu sebelum karenanya urine dikeluarkan dari tubuh melalui uretra.

Nah, itu tadi ialah belahan utama dari ginjal, dan berikut ini ialah bagian-bagian ginjal yang lebih spesifik lagi yang pada pembahasan sebelumnya juga sudah disinggung.

Bagian-Bagiannya

Bagian-bagian ini ialah yang melaksanakan penyaringan darah.

– Nefron: belahan ini ialah belahan yang menyaring darah, dan menyerupai yang tadi sudah dibahas sebelumnya, di dalam korteks ada jutaan nefron. 1 nefron terdiri dari glomerulus, kapsula bowman, tubulus kontortus proksimal, distal, kolektivus dan juga lengkung henle yang kan dibahas pada poin selanjutnya.
– Glomerulus: belahan ini berfungsi sebagai tempat penyaringan darah yang menyaring air, garam, asam amino, glukosa dan juga urea. Setelah itu glomerulus akan menghasilkan urin primer yang akan dilanjutkan ke belahan selanjutnya.
– Kapsula Bowman: belahan bagian ginjal dan fungsinya selanjutnya ialah kapsula bowman, sebuah kantong atau kapsul yang menyelimuti glomerulus.
– Tubulus kontortus Proksimal: menyerupai yang sudah dibahas tadi, belahan ini berfungsi untuk reabsorbsi urin primer untuk menghasilkan urin sekunder.
– Lengkung henle: sedangkan belahan ini ialah penghubung antar tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal.
– Tubulus kontortus distal: sehabis menjadi urine sekunder, zat-zat yang tidak mempunyai kegunaan dilepaskan oleh tubulus kontortus distal dan menghasilkan urin sesungguhnya.
-Tubulus Kolektivus: sedangkan belahan ini berbentuk menyerupai tabung yang panjang dan sempit yang menampung urin untuk disalurkan ke pelvis menuju ke kandung kemih sebelum karenanya dikeluarkan dari tubuh.

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham mengenai belahan bagian ginjal dan fungsinya? Agar lebih memahaminya silahkan Anda lihat gambar ginjal dan fungsinya di atas. Jika sudah paham, mungkin Anda juga harus mengetahui ihwal proses-proses apa saja yang ada di dalam ginjal. Adapun rangkaian proses yang terjadi di dalam ginjal ialah proses filtrasi, reabsorbsi dan augmentasi. Dan rangkaian proses tersebut akan menghasilkan urin bekerjsama yang kita keluarkan setiap harinya.

Sumber: https://www.pendidik.co.id/pengertian-kartu-kredit-jenis-ciri-keuntungan-kerugiannya-lengkap/