BAHAN PEMBUATAN KAIN VELVET

BAHAN PEMBUATAN KAIN VELVET

BAHAN PEMBUATAN KAIN VELVET

BAHAN PEMBUATAN KAIN VELVET

Jika Anda adalah orang yang berpikiran kritis dan sering kepo, pasti Anda penasaran terhadap bahan yang biasa digunakan untuk membuat kain ini dan juga proses pembuatannya. Yang jelas, kain ini ditenun dengan alat yang khusus, karena biasanya alat tenun memiliki pola tenun yang berbeda-beda.

Alat tenun yang dapat digunakan

untuk menenun kain Velvet dapat menjalin dua buah bahan sekaligus dengan ketebalan yang berbeda. Kemudian, kedua bahan dengan ketebalan yang berbeda tersebut dipotong dan dibentuk agar memiliki efek tumpukan seperti yang Anda lihat pada kain Velvet.

Saat memasang kedua kain tersebut, maka kedua kain akan dililitkan secara memuntir pada gulungan take-up yang terpisah. Tentu saja bagi orang yang tidak pernah melihat secara langsung mengenai proses pembuatan alat tenun kain Velvet, akan sedikit kesusahan untuk membanyangkannya.

Secara singkat cerita, membuat kain ini memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Meskipun saat ini sudah merupakan era dari industrialisasi, hal tersebut tetap sulit dicapai dengan menggunakan mesin tenun yang ada saat ini.

Maka dari itu, kain ini termasuk ke dalam kain mewah yang lumayan mahal harganya. Sedangkan mengenai bahan yang biasa digunakan untuk membuat beludru adalah sutra, rayon, atau campuran antara keduanya. Jika bahan yang sepenuhnya dibuat dari bahan sutra, sudah pasti harganya akan sangat mahal.

Berangkat dari alasan itu, maka banyak sekali pihak perindustrian kain Velvet yang memutuskan untuk melakukan percampuran antara bahan sutra dengan bahan rayon. Sedangkan baru-baru ini sudah ada metode pembuatan kain ini dari bahan alami kapas, linen, mohair, dan juga wol.

Hanya saja dengan iklim Indonesia yang tropis, pembuatan kain Velvet untuk pasar Indonesia jarang yang menggunakan bahan wol. Alasannya mudah saja, karena wol adalah bahan yang dapat menyimpan panas tubuh dengan sangat baik. Jadi bisa Anda bayangkan sendiri betapa gerahnya menggunakan kain Velvet berbahan dasar wol.


Sumber: https://obatkuatpria.id/chaves-adventures-apk/

Anda mungkin juga suka...