Bentuk Umum Dari Suatu Sistem

Bentuk Umum Dari Suatu Sistem

Bentuk umum dari suatu sistem terdiri atas masukan (input), proses, dan keluaran (output).

  1. Masukan (input) merupakan semua kegiatan pencatatan, pengetikan, pengeditan, atau kegiatan penginputan data, baik data fisik maupun data nonfisik atau logis. Data fisik dapat berupa berkas atau laporan, sedangkan data nonfisik atau logis dapat berupa data yang berasal dari CD, disket, flashdisk, atau tempat penyimpanan lainnya. Ketepatan dalam menginput data akan sangat menentukan keakuratan informasi yang dihasilkan oleh sistem.
  2. Selanjutkan akan dilakukan proses pengolahan yang merupakan kegiatan mengubah input menjadi output yang memiliki nilai tambah atau nilai guna.
  3. Output merupakan hasil dari kegiatan input yang sudah diproses. Output merupakan informasi yang dapat digunakan oleh pengguna. Output yang baik akan menghasilkan informasi yang berkualitas, relevan, lengkap dan tepat waktu.

Contoh pelaksanaan sistem dalam aplikasi kegiatan adminidtrasi perkantoran antara lain dalam kegiatan penanganan perjalanan dinas pimpinan. Inputnya adalah surat undangan untuk mengikuti kegiatan di luar kota dan perintah dari pimpinan untuk menangani kegiatan tersebut. Input tersebut diproses untuk kebutuhan akomodasi, transportasi hingga administrasi yang dibutuhkan oleh pimpinan sehingga output yang akan muncul adalah seluruh kebutuhan pimpinan untuk melaksanakan perjalanan dinas sudah siap dari mulai administrasi, hotel/akomodasi, transportasi hingga daftar perjalanan pimpinan.

2.6. Pengendalian informasi

Pengendalian dilakukan tidak hanya untuk mencari kekeliruan, tetapi juga berusaha untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahn serta memperbaikinya jika terjadi kesalahan. Pengendalian informasi merupakan proses pemantauan untuk mendapatkan kegunaan informasi yang maksimal.

Langkah-langkah pengendalian infomasi adalah sebagai berukut.

  1. Menentukan standar acuan yang akan digunakan sebagai dasar pengendalian.
  2. Mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai.
  3. Membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar atau acuan untuk menentukan ada-tidaknya terdapat penyimpangan.
  4. Melakukan tindakan perbaikan jika terdapat penyimpangan agar tujuan dari informasi tetap terjaga.

sumber :

https://chadodomrealestateagentlittleelmtx.com/fantasy-manager-football-apk/

Anda mungkin juga suka...