BERMAIN PERAN DENGAN CARA IMPROVISASI SESUAI DENGAN KERANGKA NASKAH YANG DITULIS SISWA

CARA IMPROVISASI

Bermain Peran dengan Cara Improvisasi Sesuai dengan Kerangka Naskah yang Ditulis Siswa – Bemain peran merupakan salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII semester 1. Pada materi ini siswa diajak berlatih untuk memerankan drama sesuai dengan naskah yang ditulisnya sendiri, dengan inprovisasi.

CARA IMPROVISASI
CARA IMPROVISASI

Improvisasi adalah melakukan sesuatu tanpa persiapan, biasnya hal ini dilakukan karena situasi dan kondisi dalam sebuah pagelaran drama. Improvisasi terkadang perlu dilakukan untuk membuat pementasan drama menjadi lebih menarik. Hal ini membuat drama menjadi terkesan lebih alami dan tidak monoton. Untuk melakukan inprovisasi diperlukan kreatifitas, spontanitas, daya cipta, dan imajinasi.

Dalam berimprovisasi kita tetap harus memperhatikan kesesuaian peran yang terdapat dalam naskah. Jangan sampai kita terlalu berlebihan, sehingga menimbulkan penyimpangan dari maksud yang tertera dalam naskah.

Sebelum kita berimprovisasi, terlebih dahulu kita harus mengenal peran yang kita mainkan. Kita harus menampilkan ekspresi dan gerakan tubuh yang sesuai dengan naskah. Dalam sebuah drama, banyak sekali ekspresi-ekspresi tokoh sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami tokoh.

Langkah-Langkah Berimprovisasi :

  1. Kenali karakter tokoh
  2. Kenali ekspresi dasar yang harus ditampilkan sesuai situasi dalam naskah
  3. Rasakan situasi dan kondisi penonton untuk bisa menentukan improvisasi yang tepat
  4. Gunakan kreatifitas dan imajinasi untuk melakukan improvisasi, tanpa mengubah maksud dalam naskah.

Demikian sedikit pembahasan tentang Bermain Peran dengan Cara Improvisasi Sesuai dengan Kerangka Naskah yang Ditulis Siswa. Semoga bermanfaat. Selamat Belajar..!!! 🙂

Baca Juga :