Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal Murah Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal Murah Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal Murah Dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal Murah Dan Menguntungkan
Cara Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal Murah Dan Menguntungkan
Ikan gabus adalah satu diantara ikan air tawar yang dapat dikonsumsi oleh orang-orang biasanya. Ikan gabus ini sangat banyak di jumpai di kolam-kolam besar dan di sungai-sungai besar ataupun kecil. Tidak sama dengan budidaya ikan gurame kolam terpal dikarenakan banyak peneliti yang lakukan riset perihal kandungan gizi didalam badan ikan gabus ini.

Kandunagn Gizi Ikan Gabus

Nyatanya riset itu menunjukkan bahwa ikan gabus memiliki nutrisi yang tinggi dan bisa melakukan perbaikan gizi tidak baik pada bayi , anak dan ibu hamil. Diluar itu , kandungan yang ada ikan gabus dipercaya dapat mempercepat pengobatan luka. Kandungan protein yang terdapat pada ikan gabus diakui bisa menangani beberapa macam penyakit beresiko seperti stroke ,infeksi paru-paru , hepatitis dan sebagainya. Anda dapat membudidayakan ikan gabus didalam terpal , budidaya kolam terpal lebih menghemat cost daripada di kolam semen.

Sifat Ikan Gabus

Bila di daerah perdesaan ikan gabus di kenal sebagai ikan kutuk. Ikan gabus ini hidupnya di air tawar dan dia juga adalah predator untuk benih yang rakus. Di alam liar umpamanya di sungai-sungai , ikan gabus tak memangsa benih ikan saja tetapi juga memangsa ikan yang telah dewasa , serangga di air dan yang lain. Walau sekian , ikan gabus mempunyai kandungan gizi hingga beberapa orang yang coba budidaya ikan gabus kolam terpal lantaran lebih murah. Terkecuali kandungan gizinya yang besar , nyatanya menernakkan ikan gabus tak serumit menernakkan ikan lele. Terlebih ikan gabus ini memiliki kandungan zat yang dapat mengobati beragam penyakit hingga beberapa orang mengonsumsinya. Walau demikian belum banyak pelaku bisnis ikan gabus hingga bila Anda coba membudidayakan ikan gabus pasti untungnya besar.

Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Bila Anda mau coba budidaya ikan gabus kolam terpal , semestinya Anda harus menyiapkan kolam terpalnya terlebih dulu. Baiknya bikin kolam terpal dengan bentuk persegi dikarenakan relatif lebih luas. Cara bikin kerangkanya dapat dengan menggali tanah dan dapat pula dengan tak menggali tanah dengan membuat didng dari bilah bambu. seandainya Anda membuatnya dengan kokoh dan kuat dan di jamin kolam akan tidak rubuh. Panduan ini dapat diaplikasikan pada budidaya ikan lele kolam terpal , yaitu sesudah kerangka galian kolam telah di buat jadi Anda mesti mempersiapkan terpal dengan ukurannya cukup untuk menutupi kerangka yang telah di buat tadi. Terpal yang telah siap belumnya dapat segera dipakai untuk membudidayakan ikan tetapi mesti di rendam sepanjang tiga hari. Dan janganlah lupa untuk mengikat sisi tepi dengan kawat , tali dan paku supaya lebih kuat dan kokoh.
Jika kerangka telah jadi dan terpal juga telah di rendam air sepanjang tiga hari , jadi kolam telah dapat berisi bibit ikan gabus. Bibit ikan gabus bisa Anda peroleh dengan beli serta bisa lakukan pembenihan sendiri. Umumnya air yang sangatlah bagus jika disebar bibit ikan gabus yakni jika air telah tercampur dengan biodin df supaya plankton tumbuh di air itu. Mudah bukanlah lakukan budidaya ikan gabus kolam terpal? Butuh Anda cermati janganlah memberi pakan pada benih ikan gabus saat sebelum 2 hari sesudah ikan gabus dilepaskan. Jauhi memberi pakan pada ikan gabus sewaktu ikan gabus tengah stres.
Budidaya ikan gabus kolam terpal sangatlah mudah , jika yang telah diterangkan diatas tercukupi , jadi Anda tinggal merawatnya. Menjaga ikan gabus dan membesarkannya juga relatif mudah yaitu dengan memberi makan dengan teratur dan kebersihan air mesti terus dijaga supaya ikan gabus tak mudah sakit , terus sehat dan tak mati.