Defenisi Seni Menurut Para Ahli

Defenisi Seni Menurut Para Ahli

Defenisi Seni Menurut Para Ahli

Defenisi Seni Menurut Para Ahli
Defenisi Seni Menurut Para Ahli

Kita dapa membandingkan beberapa defenisi dari para Ahli di bawah ini.

Herbert Read

Kesenian yaitu penciptaan bentuk-bentuk yang sangat bahagia. Yang dimaksud dengan kesengan disini ialah kesenangan estetika. Kesenangan yang menjadikan rasa suka, mesra rasa puas dan sebagainya. Bentuk-bentuk yang sangat senang untuk memuaskan penghayatan keindhan dan penghayatan itu dipuaskan mabadunga kita bisa mengapresiasi kesatuan hubungan-hubungan formal antara presepsi penghayatan (Read, 1959 :16)

Ensiklopedia Umum Bahasa Indonesia

Seni yaitu penjelmaan rasa indah yang terkandung dalam hati orang yang dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi kedalam bentuk yang sanggup ditangkap oleh indera pendengaran (seni suara), penglihatan (seni lukis) atau yang dilahirkan dengan mediator gerak (seni tari, drama) (Pringodigdo, 1973 : 192)

Baca Juga: Pengertian Musik Tradisional

Akhdiat K.Miharj Setiawan

“Seni yaitu kegiatan rohani insan yang merefleks realita (kenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya. (Miharja, 1961 :17). Seni yaitu kegiatan rohani dan bukan semata-mata benda, tanpa disertai dengan aktivasi rohani maka akibatnya spesialuntuk gerakan biasa dan bukan karya seni (seni tari). Orang yang menggambar dengan menggerak-gerakkan tangan tan disertai kegiatan rohani akibatnya spesialuntuklah gambar biasa dan bukan karya seni.

Ki Hajar Dewantara ; pendidk

“seni yaitu segala perbuatan insan yang timbul dari hidup perasaannya yang bersifat indah, hingga sanggup menggerakkan jiwa perasaan manusia” (Dewantara, 1962 : 330). Disini seni ialah masukan komunikasi sanggup menular kepada orang lain yang menikmati hasil karyanya.

Drs. Popo Iskandar ; Pelukis, Pendidik

“Seni ialah alat pengutaraan konkrit bunyi batin si pencipta dalam kesadaran hidup berkelompok ” (Sudarmaji, 1972 :12). Seni disini sanggup diartikan sebagai pengungkapan langsung seniman yang berkaitan dengan hidup bermasyarakat. Hasil seni dicipta dan sanggup di manfaatkan untuk masyarakat, sekurang-kurangnya cita-cita, keinginan atau pun harapan-harapan masyarakat tercermin dalam karya seni. Mungkin lantaran definisi ini dibentuk bertepatan dengan hangat-hangatnya slogam sosialisme Indonesia.

Thomas Munro; Filosof

” Seni yaitu alat buatan insan untuk menjadikan efek-efek psikologis atas insan lain yang melihatnya. Efek tersebut mencakup beberapa aspek balasan yang berwujud pengamatan pengenalan imajinasi, yang rasional maupun emosional” (Munro, 1963 ;419 ). Thomas Munro lebih merinci jenis kegiatan rohani dipihak penerimanaya. Seni tidak spesialuntuk sekedar melihat atau mendengar apa adanya, melainkan memerluan perhatian secara fokus semoga sanggup ditanggap nilai-nilai dibalik dari wujud yang menampak.

The Australian Concise Oxford Dictionary

seni mempunyai beberapa makna, Sebagai kata benda, seni :
Keterampilan, khususnya keterampilan manusiawi yang diperhadapkan dengan alam; pengeksekusian yang dilakukan dengan kecakapan penuh sebagaimana satu objek itu sendiri, kecakapan tinggi ; kemampuan imitatif atau kemampuan imaginatif yang diaplikasikan sebagai desain , sebagaimana dalam seni lukis, arsitektur dan sebagainya.
Suatu hal dalam makna keterampilan boleh dipraktetkan.
Aplikasi paraktis dari sains apa saja.
rik khusus untuk mengelabui musuh.

Longman Lngauage Activator

kata ‘seni’ atau ‘art, menurunkan beberapa kata yang berkait dengannya, diantaranya :
Art, representasi / pelukisan dari imaji atau ekspresi ide, khususnya melalui lukisan dari kayu kerikil dan sebagainya.
The Arts, seni, musik, teater, film, literatur, dan sebagainya, sebagai suatu kelompok.
Culture, seni, musik, teater, film, dsb. Khususnya yang dihasilkan oleh suatu kelompok tetrtentu dalam masyarakat.
Art from, salah satu dari banyak sekali cara yang digunakan orang dalam mengekspresikan dirinya dalam seni.
Artistic, berkait dengan seni atau budaya.
Artist, seseorang yang memproduksi karya seni.

Laurie Schneider Adams

seni / art yaitu objek atau imaji apa saja, yang boleh jadi dulu perbuatannya tidak secara eksplisit diidentifikasikan sebagai suatukarya seni, tetapi yang menarikdanunik perhatian pemirsa lantaran keekspresian atau yang secara estesis sangat bahagia.

Pendapat umum

bisa ditetapkan :
Seni yaitu perbuatan benda-benda yang indah
Seni yaitu pemuasan keinginan
Seni yaitu perwujudan ide
Seni yaitu suatu karya dalam wujud yang konkret dan tetap, berdasarkan sesuatu yang hidup dalam ingatan.
Masih banyak lagi pendapat yang sering kita dengar contohnya :
Seni yaitu peniruan dari tiruan atau imitasi dari imitasi (Plato)
Seni yaitu memalsukan alam atau Arst Imitatur Naturam (Aristoteles)
Seni yaitu intuisi atau Art is vision or intuition (Benedetto Groce, filsof)