FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI MODERN

FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI MODERN

FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI MODERN

FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI MODERN

1. FAKTOR SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia menjadi salah satu instrumen penting terciptanya peningkatan akan pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara. Tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas, maka akan sulit dalam menciptakan suasana yang kondusif pada sebuah negara. Adapun hal ini bisa terjadi dikarenakan pertumbuhan ekonomi akan mempengaruhi pendapatan, dan juga kesejahteraan dari penghuni negara tersebut.

Jadi jika dipisahkan antara sumber daya manusia dengan pertumbuhan ekonomi, maka tidak akan mungkin karena ini menjadi penentu akan pergerakan aktifitas ekonomi pada sebuah negara. Ada orang yang mengkonsumsi dan ada pula orang yang produksi, sehingga keterkaitan antara satu instrumen terkait sangatlah penting terjadi.

2. FAKTOR SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam juga berperan penting dalam terciptanya pertumbuhan ekonomi yang baik. Ketika alam yang ada pada sebuah negara tersebut mampu diolah dengan baik, maka akan mengurangi tingkat importir bahan baku dari luar negeri. Sehingga dampaknya akan mengurangi biaya yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis.

Hal ini yang saat ini sedang menjadi perhatian khusus oleh sebuah negara, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan salah satunya ialah mengurangi impor dari luar negeri, ataupun dari negara lain ketika memang di negara sendiri memilikinya. Dan ketika ditarik garis tengahnya, maka semakin besar aktiftas dari para pelaku bisnis maka akan semakin memperluas jaringan perdagangan.

3. FAKTOR ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

Pengetahuan dan teknologi salah satu hal penting pula saat ini untuk menjadikan pertumbuhan ekonomi yang semakin maju. Ketika sebuah negara memiliki banyak potensi bisnis, kemudian tidak mampu bermain pula dalam pemasaran online, maka akan sulit untuk berkembang. Namun kini telah banyak cara dalam memasarkan nya secara online, sehingga kan lebih maksimal.

Sudah saat nya para pelaku bisnis dan didukung oleh negara memaksimalkan penggunaan teknologi guna semakin meningkatkan aktifitas perdagangan. Ketika telah mampu memaksimalkan penggunaan teknologi dalam aktifitas perdagangan ekonomi, maka pastilah pertumbuhan ekonomi akan ikut naik seiring dengan dipergunakannya teknologi dalam perilaku bisnis.

4. FAKTOR BUDAYA

Budaya pun ikut serta dalam terjadinya pertumbuhan ekonomi. Ketika sebuah negara dengan sejarah yang panjang dengan segala bentuk perjuangan dalam memerdekakan negaranya, pastilah jiwa untuk tetap berjuang akan selalu ada pada seluruh warganya. Namun ketika hal itu telah menurun dan mengakibatkan rasa peduli berkurang, maka jangan tanya negara tersebut bisa maju.

Negara maju saat ini dikarenakan diawali dari rasa perjuangan untuk mandiri baik dari segi ekonomi. Maka ketika telah tertanam jiwa yang sebenar-benarnya, maka pastilah akan ikut andil dalam pergerakan ekonomi yang ada pada aktiftas ekonomi negara tersebut dan tentunya, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dimiliki oleh negara tersebut.


Baca Juga :

Anda mungkin juga suka...