GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF

GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF

GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF

GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF

Gaya kepemimpinan direktif ini sebenarnya merujuk pada sebuah cara memimpin dengan ciri-ciri sebagai berikut.

1. Adanya upaya dari seorang pimpinan tersebut agar anak buahnya tahu apa yang diharapkan oleh pimpinan mereka.
2. Menjadwalkan jenis pekerjaan kepada anak buahnya.
3. Memberikan bimbingan khusus kepada anak buahnya tentang bagaimana menyelesaikan sebuah pekerjaan yang telah dibebankan kepadanya.

Gaya kepemimpinan direktif ini cenderung bersifat satu arah. Semua arahan/tugas berasal dari pimpinan dan wajib dijalankan oleh para anak buahnya. Sedangkan tugas anak buah adalah menjalankan tugas yang telah diberikan tersebut. Pemimpin dengan gaya direktif ini cenderung tidak akan meminta saran atau masukan dari anak buahnya.

GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF

Seseorang yang memiliki gaya kepemimpinan partisipatif ini cukup terbuka dengan orang lain. Ia memiliki sifat open minded dan mau menerima masukan, bahkan dari para anak buahnya. Kerap kali pemimpin seperti ini sebelum mengambil keputusan yang berkaitan dengan organisasi atau perusahaan akan menampung segala ide atau masukan dari para anak buahnya.

Meskipun berperan sebagai seorang pemimpin, namun orang dengan gaya kepemimpinan yang partisipatif ini memiliki sifat yang tidak terlalu memanfaatkan dominasi kekuatan yang melekat pada jabatannya. Ia tidak memiliki sifat yang egois dan masih mau menganggap orang lain yang menjadi bawahannya bukan sekedar sumber tenaga kerja yang bisa disuruh menjalankan tugas.

Seseorang dengan gaya kepemimpinan partisipatif ini cenderung menganggap anak buah adalah sebuah potensi yang bisa dikembangkan, memiliki ide pemikiran yang potensial, dan mampu membantu mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik lagi.


Sumber: https://www.7-ksa.net/dead-zone-apk/

Anda mungkin juga suka...