Hukum Benda

Table of Contents

Hukum Benda

  1. Pengertian

Zakenrecht (hukum benda) adalah keseluruhan dari kaidah-kaidah hukum yang mengatur hubungan-hubungan hukum antara subjek hukum dengan benda dan hak kebendaan. Kaidah hukum benda dibedakan menjadi dua macam: (1) hukum benda tertulis; (2) hukum benda tidak tertulis. Hukum benda tertulis adalah kaidah-kaidah hukum yang terdapat didalam peraturan perundang-undangan, traktaat dan yurisprudensi. Sedangkan hukum benda tidak tertulis adalah kaidah-kaidah hukum yang timbul dan hidup dalam praktek kehidupan masyarakat dan bentuknya tidak tertulis (kebiasaan).[1]

Ruang lingkup kajian hukum benda meliputi dua hal sebagai berikut:

1)        Mengatur hubungan antara subjek hukum dengan benda. Benda adalah segala sesuatu yang dapat menjadi objek hukum.

2)        Mengatur hubungan antara subjek hukum dengan hak kebendaan. Hak kebendaan adalah kewenangan untuk menguasai benda.

Hak kebendaan dapat dibedakan menjadi dua macam: (1) hak menikmati, (2) hak penuh maupun terbatas, seperti hak atas pengabdian pekarangan. Hak jaminan adalah member kepada kreditor hak dilakukan untuk mengambil pelunasan jaminan. Hak menikmati adalah hak dari subjek hukum untuk menikmati suatu benda secara dari hasil penjualan barang yang dibebani, seperti gadai, hipotek, crediet verband, dan atau hak tanggungan atas tanah.

sumber :

https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/

Anda mungkin juga suka...