Hukum beriman kepada malaikat, sifat dan fungsi malaikat

Hukum beriman kepada malaikat, sifat dan fungsi malaikat

Hukum beriman kepada malaikat, sifat dan fungsi malaikat

Hukum beriman kepada malaikat, sifat dan fungsi malaikat
Hukum beriman kepada malaikat, sifat dan fungsi malaikat

Iman kepada malikat adalah meyakini dan membenarkan bahwa malaikat itu ada, diciptakan oleh allah swt. dari cahaya (nur).

Apakah beriman kepada malaikat adalah kewajibab bagi umat islam? jawabnnya tentu saja ya, allah swt, telah menjaskan kepada kita tentang mereka dalam kitabnya, jadi iman kepada malaikat itu hukumnya fardhu ain dan menjadi salah satu rukun iman yang ke 2.

Qur’an surah al-baqarah : 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

“Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”

Jadi ,jelaslah bahwa beriman kepada malaikat hukumnya wajib, tidak akan diterima iman seseorang muslim tanpa mengimani rukun ini, lalu mengapa iman kepada malaikat menjadi salah satu rukun iman? Kearna iman kepada malaikat adalah pokok iman kepada wahyu, karena malaikat penyampai wahyu adalah roh yang berakal yang meiliki ilmu yang luas dengan izin allah.

Malaikat menyampiakan wahyu kepada nabi-nabi sebagai pokok agama , karenaya penyebutan iman kepada malikat didahulukan atas penyebutan iman kepada kitab-kitab dan para nabi. Sebab, merekalah yang datang kepada para nabi membawa kitab, jadi mengingkari adanya malaikat berarti mengingkari wahyu dan kenabian.

sifat malaikat

Adapun sifat –difat malaikat terdiri dari 5 bagian yaitu:

#1. Tidak memiliki hawa nafsu dan salu taat dan melaksanakan perintah allah.swt. Hal ini seperti yang dijelaskan allah.swt dalam surah an-nahl ayat 50

Qura’an surah An-Nahl ayat 50

يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka)”

#2. Tidak lalai dalam mejalankan kewajiban, hal ini seperti yang dijelaskan allah dalam surah Al-An’am ayat 61

Qur’an surah Al-An’am ayat 61

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ ۖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ
“Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya”

#3. Melaikat merupakan hamba allah.swt yang dimulikan, hal ini seperti yang dijelaskan allah.swt dalam surah Al-Anbiya ayat 26

Qur’an surah Al-Anbiya ayat 26

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمَٰنُ وَلَدًا ۗ سُبْحَانَهُ ۚ بَلْ عِبَادٌ مُكْرَمُونَ
“Dan mereka berkata: “Tuhan Yang Maha Pemurah telah mengambil (mempunyai) anak”, Maha Suci Allah. Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan”

#4. Senatiasa beribadah kepada allah dan bertasbih, hal ini seperti yang dijelaskan allah dalam surah Al-A’raf ayat 206

Qur’an surah Al-A’raf ayat 206

إِنَّ الَّذِينَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيُسَبِّحُونَهُ وَلَهُ يَسْجُدُونَ
“Sesungguhnya malaikat-malaikat yang ada di sisi Tuhanmu tidaklah merasa enggan menyembah Allah dan mereka mentasbihkan-Nya dan hanya kepada-Nya-lah mereka bersujud”

#5. Senantiasa mengerjakan bergai urusan yang di berikan allah. Swt kepada meraka. Hal ini seperti yang dijelaskan allah.swt dalam surah fatir ayat 1

Qur’an surah Fatir ayat 1

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”

fungsi malaikat

Fungsi pokok malaikat adalah menyampaikan pesan allah.swt kepada para nabi dan rasul sebagaimana dijelaskan dalam firman allah, berikut:

sebagai perantara dalam nenyampaikan wahyu allah.swt (Q.S An-Nisa : 163)
sebagai perantara untuk menguatkan hati orang-orang yang beriman (Q.S Lukman : 30)
sebagai perantara dalam melaksanakan hukum Allah.swt (Q.S Ali Imran : 41 – 44)
sebagai penolong dan mendoakan manusia (Q.S Asy-syura : 5)
memberikan pertolongan dan mendoakan kepada manusia dalam perkembangan rohaninya (Q.S Asy- Syura : 5)
memberikan ilham ke dalam dada manusia ( Q.S Al-Qiyamah : 16-19)
mencatat tingkah laku manusia (Q.S Al-Qasas : 10-12)
menyambut nyawa manusia (Q.S An-Nahl : 27 – 28)

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/2016/05/30-doa-doa-harian-terlengkap-beserta-artinya.html