Interaksi Fisik dalam teknologi Game

Interaksi Fisik dalam teknologi Game

Interaksi Fisik dalam teknologi Game

Interaksi Fisik dalam teknologi Game

Efek Fisik dalam Game

Game konsol modern saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan video game dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga, seperti halnya yang disediakan oleh konsol Nintendi Wii, PS3 Move, atau yang lebih canggih lagi, Xbox Kinect.

Game-game yang melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennid, sepak bola, dan sebagainya yang mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam.

 

Berikut ini merupakan efek fisik positif pada game:

1. Mendorong pola hidup sehat
Bermacam video game menyatukan unsur bugar, nutrisi dan hidup sehat yang menjadi ‘goal’ dalam tema video game tersebut. Bahkan banyak video game modern saat ini sudah melibatkan simulasi olahraga selayaknya olahraga outdoor. Dengan memainkan game tersebut akan membuat orang menjadi berkeringat yang tentunya akan menyehatkan.
Melatih ketangkasan

Banyak video game yang dibuat untuk melatih ketangkasan, konsentrasi, dan kejelian. Dengan gabungan unsur tersebut akan membantu anak dan orang dewasa berpikir. Dengan begitu, kepikunan dini pada otak dapat dicegah.

2. Membina hubungan sosial & interaksi
Video game saat ini sudah sangat berbeda dengan video game terdahulu, kala kita hanya bisa terdiam di dalam kamar dan memainkan video game sepanjang hari tanpa interaksi apapun. Sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan pemain game dapat melakukan interaksi jarak jauh kepada njorang lain di seluruh dunia melalui media online atau internet yang sudah tersedia secara built-in pada kebanyakan judul game saat ini.

3. Meningkatkan kemampuan belajar
Video game saat ini jauh lebih konteks dibandingkan dengan judul-judul game 20 tahun lalu, yang mana mengharuskan kita untuk mengasah logika, strategi, teka teki hingga emosi untuk menyelesaikannya. Para gamer umumnya dituntut untuk dapat mengambil keputusan dan kendali untuk dirinya sendiri. Pemain juga harus memasukkan perintah, kombinasi, kesabaran serta keputusan yang cepat untuk menghadapi situasi yang disediakan pada level-level game yang kian beragam. Dalam hal ini, akan membantu banyak aspek dalam kemampuan berpikir dan membuat keputusan dalam kehidupan nyata.

4. Mengajarkan sportivitas dan kerjasama
Peraturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam game-game online saat ini dituntut serta mengajarkan hal tentang kerjasama antar kelompok. Kekompakkan serta nilai-nilai keteraturan. Dalam hal ini tentu memiliki dampak positif tentang bagaimana kita harus bekerja sama, menghargai nilai komunikasi, saling menguntungkan, bahu membahu, dan lain lain untuk mencapai tujuan kita.

5. Mengalihkan rasa sakit fisik dan mental
Bermain game dapat mengalihkan perhatian dari kondisi fisik yang diderita saat itu. Bahkan tidak sedikit yang melampiaskan kesedihan dan sakit hati yang mereka rasakan dengan bermain game sepuasnya.

 

Collusion

Algoritma untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game. Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method yang bernama hiTest untuk memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum method hiTest ini tersedia, Flash harus mendeteksi secara manual koordinat sebuah movie clip lain.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

 

Anda mungkin juga suka...