Istilah-istilah Pendidikan Islam

  1. Istilah-istilah Pendidikan Islam

Dalam UU No. 20 Tahun 2003 istilah-istilah yang mencerminkan konsep dan aktivitas pendidikan Islam adalah: (1) Pendidikan Agama, (2) iman, taqwa dan akhlak mulia, (3) kriteria pendidik, (4) pendidikan agama wajib di setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan dengan posisi di great ke-1, (5) pendidikan agama dan pendidikan keagamaan disertakan, dan (6) nilai-nilai.

  1. Pendidikan Islam Sebagai Materi

Dalam UU No. 20 Tahun 2003, ketentuan yang berkaitan dengan pendidikan Islam sebagai materi termaktub pada pasal 36 ayat (3) dan pasal 37 ayat (1) sebagai berikut:

Kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan kerangka NKRI dengan memperhatikan: a. Peningkatan iman dan takwa; b. Peningkatan akhlak mulia; c. Peningkatan potensi, kecerdasan dan minat peserta didik; d. Keragaman potensi daerah dan lingkungan; e. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional; f. Tuntutan dunia kerja; g. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni; h. Agama; i. Dinamika perkembangan global; j. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan. (pasal 36 ayat 3)

Kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat: a. Pendidikan agama; b. Pendidikan kewarganegaraan; c. Bahasa; d. Matematika; e. Ilmu pengetahuan alam; f. Ilmu pengetahuan sosial; g. Seni dan budaya; h. Pendidikan jasmani dan olahraga; i. Keterampilan kejuruan; dan j. Muatan lokal. (pasal 37 ayat 1)

sumber :
https://whypoll.org/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...