Jenis Alat Komunikasi Modern

Jenis Alat Komunikasi Modern

Jenis Alat Komunikasi Modern

Jenis Alat Komunikasi Modern

  1. Telegraf

Alat ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, Sir William Cook, dan Sir Charles Wheatstone pada tahun 1837. Menurut sejarahnya, pada tahun 1793 ditemukannya jalur telegraf optic jarak jauh oleh Claude Chape. Kemudian tahun 1843, Samuel FB. Morse membuat jalur telegraf listrik jarak jauh.
Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

Di dalamnya terdapat kabel-kabel tembaga yang berguna untuk mengirimkan sinyal jarak jauh. Sinyal-sinya tersebut merupakan kode-kode sederhana yang mewakili pesan yang dikirim. Kode tersebut dikenal dengan nama kode morse yaitu sebuah sistem pengiriman pesan dengan perpaduan suara yang panjang (diwakili dengan tanda garis penghubung) dan pendek (diwakili dengan tanda titiktitik)

  1. Telepon

 

Gambar Telepon

Beberapa puluh tahun yang lalu terjadi kontroversi tentang siapa yang telah menemukan pesawat telepon. Selama ini yang kita kenal adalah Alexander Graham Bell sebagai penemunya. Sebenarnya bukan, setelah berbagai kontroversi dan pengakuan para ilmuan jaman dulu, mulai dari Elisha Gray (Amerika), Philipp Reis (Jerman), dan Alexander Graham Bell (Amerika) ternyata dalam sebuah kongres di Amerika Serikat menyatakan bahwa yang menemukan pesawat telepon adalah seorang berkebangsaan Italia yang bernama Antonio Meucci (Dikutip dari Detikinet.com).

  1. Televisi

Televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam kecil) yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkov sekitar tahun 1883.

Kata televisi berasal dari dua suku kata, yakni tele (bahasa Yunani) yang berarti jauh dan visi atau vision (bahasa Inggris) yang berarti penglihatan. Jadi, televisi mempunyai arti “melihat jauh”.

 Maksudnya, melalui televisi kita dapat melihat gambar dan mendengar suara secara bersamaan. Televisi yang kita kenal terdiri dari dua jenis, yakni televisi hitam putih dan televisi berwarna.

Gambar TV

4). Telepon Genggam (Handphone)

Awal telepon dibuat hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telephone). Namun sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi telepon genggam atau yang sekarang banyak orang sebut dengan nama handphone (HP).

Saat ini handphone banyak digunakan oleh masyarakat luas, selain untuk  berkomunikasi ternyata handphone juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi).           

 

Gambar HP

 

  1. Faksimili (Faks)

Faksimili ditemukan oleh Alexander Brain pada tahun 1843. Faksimili berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Faksimili digunakan untuk menerima dan mengirim informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi sehingga memungkinkan kita dapat mengirimkan salinan isi suatu halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon dalam hitungan menit.

Mesin Faksimili sering disebut juga dengan mesin fotocopy jarak jauh. Ini berarti, baik pengirim maupun penerima pesan harus mempunyai mesin faksimili karena cara kerja mesin faksimili adalah pengirim akan memasukkan dokumen ke bagian dokumen feeder pada mesin faks, kemudian menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. Apabila koneksi atau hubungan dari nomor pengirim ke mesin faks telah terjadi, mesin faks akan memindai (scan) setiap halaman yang ingin dikirim dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang kemudian dikirimkan melalui kabel telepon ke mesin faks penerima.

Gambar Faxs

 

  1. Radio

Radio merupakan alat yang sangat penting sejak ditemukan untuk mengirimkan pesan suara dari jarak yang jauh. Radio adalah alat yang dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Gelombang elektromagnetik membawa transmisi penyiaran (frekuensi radio) dari stasiun ke alat penerima. Rangkaian gelombang audio dikirim melalui sebuah sambungan yang menghubungkan ruang kontrol dengan alat transmisi.

Biasanya dalam radio terdapat sebuah antena untuk menangkap frekuensi radio atau menerima siaran transmisi, mengubah gelombang pembawa menjadi gelombang suara, dan menyebarluaskan pada frekuensi yang telah ditentukan. Tehnik menumpangkan sebuah sinyal di sinyal yang lain dikenal dengan istilah modulasi. Ada beberapa tehnik modulasi yang sering digunakan, yaitu modulasi amplitudo (Amplitude Modulation, AM), dan modulasi frekuensi (Frequency Modulation, FM).

Gambar radio

  1. Pocket PC (PDA)

Alat ini tergolong yang paling modern dan banyak dimiliki oleh kalangan tingkat atas. Pocket PC sering disebut sebagai komputer mini karena bentuknya yang kecil dan dapat dibawa ke mana-mana. Selain itu, disebut juga dengan nama PDA (Personal Digital Assistants) yaitu sebuah komputer seukuran telapak tangan yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengakses dan mengorganisasi informasi.

PDA sudah ada dan dikenal sejak bulan Agustus 1993 dengan nama Newton Massage Pad yang dipelopori oleh Apple.

Aaa PDA

Gambar PDA

PDA merupakan hasil kerjasama Steve Caps, Walter Smith, dan Michael Tchao yang merilis Newton PDA dengan sistem operasi Newton Versi 1.0. Kemudian pada awal tahun 1995, Palm Computing meluncurkan PDA dengan konsep yang lebih sederhana, hanya sebagai organizer elektronik belaka. Dalam waktu yang hampir sama, ketika dunia komputer mulai memperhatikan aspek portabilitas- nya (aspek kemudahan untuk dibawa), maka lahirlah produk semi-notebook seperti Psion. Inilah yang mengilhamkan produk PDA memasukkan fungsi komputer secara perlahan, khususnya Microsoft dengan Pocket PC-nya.

 

8). LCD Proyektor

LCD (Liquid Crystal Display) Projektor adalah alat penyampai informasi dengan cara menampilkan informasi tersebut dalam sebuah presentasi di layar yang besar sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih menyenangkan bagi penerimanya. Biasanya alat ini memperoleh input-nya dari sebuah file yang dibuka pada aplikasi komputer atau laptop.

Proyektor LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B).

Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCD tersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan dijatuhkan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh. Gambar yang dihasilkan proyektor LCD memiliki ke dalaman warna yang baik karena warna yang dihasilkan olah panel LCD langsung dibiaskan lensa ke layar. Selain itu gambar pada proyektor LCD juga lebih tajam dibandingkan dengan hasil gambar proyektor DLP (Digital Light Processing).


Sumber:

https://works.bepress.com/m-lukito/7/

Anda mungkin juga suka...