Kesimpulan

Table of Contents

Kesimpulan

Hukuman adalah salah satu tindakan yang diberikan oleh syara’ sebagai pembalasan atas perbuatan yang melanggar ketentuan syara’ dengan tujuan untuk memelihara ketertiban dan kepentingan masyarakat sekaligus untuk melindungi kepentingn individu.

Dalam masyarakat islam, ada yang memandang bahwa hukum islam itu adalah Al-Quran dan Sunnah serta bagian yang lain hanyalah merupakan sumber hukum.

Dalam masyarakat  islam bahwa dasar hukum adalah Al-Quran dan Sunnah serta bagian yang lain hanyalah merupakan sumber hukum. Dalam literatur ilmu usul fiqih istilah yang lazim digunakan untuk menjelaskan sumber-sumber hukum islam disebut dengan syar’i.

Adapun tujuan dari hukuman adalah:

  1. Sebagai pencegahan.
  2. Sebagai Perbaikan dan Pendidikan.
  3. Sebagai pemelihara masyarakat.
  4. Sebagai balasan atas perbuatan yang dilakukan oleh pelaku pidana.

Menurut H. Zaenuddin Ali bahwa tujuan hukum pada umumnya adalah untuk menegakkan keadilan

Sedangkan tujuan hukum islam dilihat dari ketetapan hukum yang dibuat oleh Allah dan Nabi Muhammad yaitu:

  1. Untuk kebahagian hidup manusia didunia dan di akhirat kelak.
  2. Untuk kemaslahatan hidup manusia baik jasmani maupun rohani, individu maupun masyarakat.

Macam-macam hukuman terbagi menjadi klima golongan diantaranya:

  1. Ditinjau dari segi pertalian antara satu hukuman dengan hukuman yang lainnya, hukuman dapat dibagi kepada empat bagian yaitu hukuman Pokok, hukuman pengganti, hukuman Tambahan, hukuman Pelengkap .
  2. Ditinjau dari segi kekuasaan hakim dalam menentukan berat ringannya hukuman, maka hukuman dapat dibagi menjadi dua bagian diantaranya adalah hukuman yang mempunyai satu batas dan hukuman yang mempunyai dua batas.
  3. Ditinjau dari segi keharusan untuk memutuskan dengan hukuamn tersebut, hukuman dapat dibagi kepada dua bagian, yaitu sebagai berikut hukuman yang sudah ditentukan dan hukuman yang belum ditentukan.
  4. Ditinjau dari segi tempat dilakukannya hukuman dapat dibagi kepada tiga bagian yaitu hukuman badan, hukuman jiwa, hukuman harta.
  5. Jenis hukuman yang menyangkut tindak pidana kriminal dalam hukum pidana islam dibagi menjadi dua macam yaitu:
  6. Ketentuan hukuman yang pasti mengenai berat ringannya hukuman termasuk Qishash dan diat yang tercantum didalam Al-Quran dan Hadits.
  7. Ketentuan hukuman yang dibuat oleh hakim melalui putusannya yang disebut dengan hukuman ta’zir.
  8. Ditinjau dari segi macamnya jarimah yang diancamkan hukuman, hukuman dapat dibagi pada empat bagian yaitu hukuman Hudud, hukuman qishash dan diat, hukuman kifarat, dan hukuman Ta’zir
  9. Saran

Demikian makalah dari kami, semoga dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita semua. Apabila ada kritik dan saran, silakan sampaikan langsung kepada kami. Karena kritik dan saran dari pembaca tentu sangat dibutuhkan untuk bahan intropeksi kami. Sehingga dimasa yang mendatang, kami dapat menyusun makalah yang lebih baik lagi. Dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, karena kami hanyalah hamba Allah SWT yang tidak luput dari khilaf dan lupa.

sumber :

https://freemattandgrace.com/tukangkonten-com/

Anda mungkin juga suka...