Lokasi Area Motorik dan Berhubungan dengan Korteks serebri

Lokasi Area Motorik dan Berhubungan dengan Korteks serebri

            Area fungsional korteks serebral meliputi area motorik primer, area sensorik primer, dan yang berdekatan dengan area primer dan berfungsi untuk integrasi dan interpretasi tingkat tinggi.

  1. Area motorik primer pada korteks
  2. Area Motorik Primer terdapat dalam glrus presentra. Di sini, neuron (piramidal) mengendalikan kontraksi vlunter otot rangka. Aksonnya menjalar dalam traktus piramidal.
  3. Area Pramotorik Korteks terletak tepat di sisi anterior girus presentral. Neuron (ekstrapiramidal) mengendalikan aktivitas motorik yang terlatih dan berulang, seperti mengetik
  4. Area Broca terletak di sisi anterior area premotorik pada tepi bawahnya. Area ini mungkin hanya terdapat pada satu hemisfer saja (biasanya sebelah kiri). Dan hubungannya dengan kemampuan wicara.

2.10.   Fungsi Motorik Medulla Spinalis

            Medula spinalis sebagai pusat saraf mengintegrasikan sinyal sensoris yang datang dan mengaktifkan respons motorik secara langsung tanpa campur tangan otak. Fungsi ini terlihat pada kerja reflek spinal untuk melindungi tubuh dari bahaya dan menjaga pemeliharaan tubuh.  Sebagai pusat perantara,antara susunan saraf tepi dan otak (susunan saraf pusat). Semua komando motorik volunter dari otak dikomunikasikan terlebih dahulu pada pusat motorik spinal akan memproses sinyal sebagaimana mestinya sebelum mengirimkannya ke otot. Demikian juga sinyal sensoris di medula spinalis. Pada medula spinalis sinyal sensoris sebagian besar diproses dan diintegrasikan. Oleh karena itu medula spinalis dikatakan sebagai tempat komunikasi dua arah antara otak dan medula spinalis.

2.11.   Serebelum dan Ganglia Basalis

  1. Serebelum ( Otak kecil )

            Serebelum ( otak kecil ) terletak dalam fossa kranial posterior , dibawah tentorium serebelum bagian posterior dari pons varolli dan medula oblongata. Serebelum mempunyai dua hemisfer yang dihubungkan oleh vermis . Serebelum dihubungkan dengan otak tengah oleh pedunkulus serebri superior , dengan pons varolli oleh pedunkulus serebri media dan dengan medulla oblongata oleh pedunkulus serebri inferior. Lapisan permukaan setiap hemisfer serebri disebut korteks yang disusun oleh subtansia grisea. Lapisan – lapisan korteks sereberi ini dipisahkan oleh fisura transverses yang tersusun rapat. Kelompok massa substansia grisea tertentu pada serebelum tentanam dalam substansia alba yang paling besar dikenal sebagai nucleus dentatus.

            Serebelum berfungsi dalam melakukan tonus otot dan mengkoordinasikan gerakan otot pada sisi tubuh yang sama. Serebelum juga berfungsi untuk mempertahankan postur. Berat serebelum ± 150 gram ( 8% -9% ) dari otak seluruhnya . sama seperti lobuli serebelum , vermis juga dibagi dalam beberapa bagian dari depan ke belakang yaitu :

 

POS-POS TERBARU

Anda mungkin juga suka...