Manajemen Pakan Pada Pemeliharaan Larva Udang Galah di Hatchery

Manajemen Pakan Pada Pemeliharaan Larva Udang Galah di Hatchery

Udang galah merupakan salah satu komoditas hasil perikanan air tawar yang sangat potensial, karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Budidaya udang galah dewasa ini perkembangannya memang belum selaju budidaya udang windu. Namun prospeknya tidak kalah dengan komoditas udang windu. Udang galah yang dipelihara dalam kolam air tawar dapat mencapai panjang tubuh 30 cm, sehingga tidak jauh berbeda dengan ukuran udang galah yang dipelihara dalam tambak air payau.

Potensi udang galah sebagai komoditas ekspor sudah dikembangkan sejak tahun 1970-an. Hal ini menunjukkan bahwa udang galah sebagai komoditas ekspor bila dikembangkan lebih intensif, tentu akan masuk daftar prioritas ekspor hasil perikanan darat yang harus diperhitungkan. Sejak tahun 1974, cara pengembangbiakan udang galah telah berhasil diketahui, dan di Indonesia sudah ada Balai Benih Udang Galah yang siap memasok udang galah bagi para petani di Indonesia

Dalam budidaya perikanan, pakan (makanan) merupakan faktor penting dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah fungsi pakan  untuk memacu pertumbuhan organisme budidaya dengan pemberian pakan yang bergizi, tepat waktu dan dosis yang cukup.

Karena itu, manajemen (pengelolaan) pakan sangat penting dalam budidaya perikanan, bukan saja karena merupakan bagian dari sistem produksi yang menyedot biaya terbesar, melainkan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas air dan lingkungan sekitarnya. Manajemen pakan yang tidak tepat dapat menyebabkan usaha tidak ekonomis dan tidak lestari. Manajemen pakan terdiri dari memilih merek atau membuat pakan yang akan digunakan, mengadakan, menyimpan dan prosedur pemberiannya kepada biota budidaya pada waktu yang tepat dan takaran yang benar.

Biologi Udang Galah

            Semua jenis udang air tawar termasuk dalam familia palaemonidae dan udang galah adalah salah satu jenis dari familia tersebut yang merupakan jenis terbesar.

2.1.1. Klasifikasi

klasifikasi udang galah (Macrobrachium rosenbergii) adalah sebagai berikut :

Kingdom                : Animalia

Filum                     : Artrhopoda

Subfilum                : Crustacea

Kelas                     : Malascostraca

Subkelas               : Eumalacostraca

Superordo             : Eucarida

Ordo                      : Decapoda

Subordo                : Pleocyemata

Infraordo               : Caridea

Superfamili            : Palaemonoidea

Famili                    : Palaemonidae

Subfamili               : Palaemoninae

Genus                   : Macrobrachium

Spesies                 : Macrobrachium rosenbergii (De Man, 1879)

 

https://haciati.co/

Anda mungkin juga suka...