Manfaat Danau dan Pelestariannya

Manfaat Danau dan Pelestariannya

     Danau dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti irigasi, pembangkit tenaga listrik, supali airminum penduduk perkotaan, perikanan dan pariwisata. Danau juga bisa digunakan untuk penampungan luapan air hujan di daerah aliran sungai sehingga dapat digunakan untuk mengurangi bahaya banjir.

Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh, danau harus dilestarikan. Suatu danau dapat lenyap terutama disebabkan sedimentasi. Jika air sungai yang masuk ke danau membawa lumpur, lumpur itu akan diendapkan di dasar danau. Lama kelamaan danau akan penuh lumpur dan akhirnya kering. Air sungai banyak membawa lumpur jika DAS-nya rusak. Oleh karena itu DAS (Daerah Aliran Sungai) harus dijaga dengan baik, hutan tidak ditebang, dan petani di lingkungaan DAS harus memperhatikan cara bercocok tanam yang tidak menimbulkan erosi. Dengan kata lain, kelestarian lingkungan di sekitar danau harus diusahakan dengan sebaik-baiknya.

Danau-danau yang ada di Indonesia

  1. Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

sumber

Anda mungkin juga suka...