Memanfaatkan Jejaring Sosial

Memanfaatkan Jejaring Sosial

Memanfaatkan Jejaring Sosial

Memanfaatkan Jejaring Sosial
Memanfaatkan Jejaring Sosial

Di era informatika saat ini, ketika globalisasi teknologi informasi dan komunikasi telah melanda seluruh negeri, generasi muda Indonesia nampak sangat antusias memanfaatkan beragam jenis jejaring sosial melalui handphone dan internet. Bagi sebagian generasi muda Indonesia, jejaring sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup dan keseharian mereka. Secara langsung maupun tidak langsung, fenomena ini tentu dapat dimanfaatkan sebagai sebuah media pembudayaan Pancasila yang cukup efektif.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai falsasah bangsa, Pancasila akhir-akhir ini kurang dipahami atau bahkan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jangankan menerapkan butir-butir dalam masing-masing sila, generasi muda kita masih ada yang tidak mampu menghafal dengan lancar lima sila dalam Pancasila. Ironisnya, mereka justru mampu mengingat di luar kepala setiap kalimat dalam update status teman-teman maya mereka di jejaring sosial. Untuk itulah, melalui kebiasaan baru ini, tentunya kita dapat mengisi celah-celah antusiasme serta kegemaran generasi muda ini dengan membudayakan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan kemasan yang unik dan sedemikian rupa mampu menarik perhatian generasi muda, grup-grup dalam jejaring sosial dapat dibentuk dan dijadikan sarana mensosialisasikan serta memupuk jiwa dan semangat nasionalisme generasi muda saat ini. Jika pelajaran sekolah banyak dianggap monoton, upaya-upaya sosialisasi butir-butir dan sila-sila Pancasila dapat dilakukan melalui grup-grup ini sehingga langkah awal untuk memahami dan mengamalkan Pancasil pun terbuka. Selaras dengan peribahasa “Tak Kenal Maka Tak Sayang,” tentu upaya mengenalkan dan mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda melalui jejaring sosial ini dapat dimanfaatkan.

Namun demikian, agar upaya ini benar-benar efektif tentu kita memerlukan kerjasama lintas profesi mengingat generasi muda penuh dengan dinamika. Dengan kerjasama tersebut, grup-grup dalam jejaring sosial tersebut dapat hidup dan berkembang, menjadi sebuah media pembelajaran online yang mengasyikkan. Inilah sebuah momentum yang harus kita raih untuk membudayakan Pancasila pada generasi muda di era informatika saat ini.

Sumber : https://rakyatlampung.co.id/lara-croft-relic-run-apk/

Anda mungkin juga suka...