Merk Cat Kayu Anti Air untuk Furniture

Merk Cat Kayu Anti Air untuk Furniture

Merk Cat Kayu Anti Air untuk Furniture

Merk Cat Kayu Anti Air untuk Furniture
Merk Cat Kayu Anti Air untuk Furniture

 

Tidak hanya atap rumah saja yang membutuhkan perbaikan di kala hujan.

Furniture khususnya untuk furniture yang diletakan di luar ruangan membutuhkan perlindungan yang baik dari lapisan cat. Furniture, baik yang di dalam dan di luar ruangan di kala musim hujan berpotensi untuk ditumbuhi jamur dan rayap.

Bagaimana cara mengatasinya? Padahal furniture di rumah sudah berumur puluhan tahun? Jika sekiranya furniture sudah memiliki penampilan yang rusak Anda bisa memperbaiki hanya dengan melapisi cat ulang. Namun jika furniture masih bagus sebaiknya dilakukan perawatan dengan benar.

Baik perawatan dan juga melakukan finishing ulang, cat kayu anti air adalah produk yang wajib digunakan. Tanpa menggunakan produk tersebut, mebel yang telah dirawat ulang tidak akan bertahan lama. Pada artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana perawatan furniture agar bertahan lebih lama khususnya di musim penghujan.

 

Finishing Ulang Furniture Menggunakan Cat kayu Anti Air

Furniture kayu adalah material yang sangat rentan terhadap hujan, panas serta perubahannya. Kembang susut kayu akan mempengaruhi lapisan coating mudah retak, menggelembung dan akhirnya mengelupas. Menghindari hal ini maka cat kayu anti air wajib digunakan.

Apabila Anda menemukan furniture di rumah sudah mulai rusak lapisan coatingnya maka kini saatnya harus bertindak. Anda harus memulai melapisi furniture dengan lapisan cat baru tentu saja cat kayu anti air.

Tidak sembarangan cat yang bisa anti air, agar hasil sempurna Anda harus menggunakan cat yang memiliki spesifikasi tersebut, seperti cat kayu BioColours. Sebagai cat kayu tahan air, cat ini juga sangat mudah digunakan di kala hujan. Tidak perlu khawatir akan cat yang tidak kering dan kering tidak sempurna akibat penjemuran pada tahapan pengeringan tidak maksimal.

Penyemprotan BioColours

Berbeda dengan cat pada umumnya, cat kayu BioColours justru sangat mudah digunakan di kala hujan. Proses pengeringan yang tidak bergantung pada panas matahari menjadi kunci keuntungan yang tidak didapatkan dari produk cat lainnya. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing terbaik dari cat kayu anti air ini sebaiknya persiapan furniture dengan baik.

Pada beberapa langkah dalam persiapan furniture lama untuk proses pengecatan ulang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama bersihkan furniture kemudian aplikasikan paint remover. Diamkan cairan di atas permukaan furniture hingga cat memulai bereaksi dan mengelupas. Apabila seluruh permukaan cat sudah mengelupas kini saatnya Anda untuk mulai menggunakan pisau scrape.
  • Ambil dan buang lapisan cat yang mengelupas. Pastikan Anda mengumpulkannya sehingga dapat membuang di tempat yang tepat. Buang seluruh lapisan cat yang lama.
  • Amplas permukaan furniture kayu dengan amplas secara bertahap. Jika menggunakan hand sander perhatikan agar permukaan menjadi merata dan tidak meninggalkan bekas sander. Gunakan amplas alumunium oxide memulai nomor 180 dan beralih ke nomor 220. Bersihkan seluruh debu amplas.

Persiapan sangat penting. Melalui persiapan yang tepat maka hasil finishing yang halus dan merata bisa Anda dapatkan dengan mudah. Setelah persiapan furniture siap maka langkah selanjutnya adalah pada tahapan finishing.

 

Bagi Anda yang akan menggunakan BioColours

Maka siapkan keempat produk dan gunakan secara berurutan. Berikut ini langkah-langkah penggunaannya:

  • Aplikasikan BioColours wood filler. Gunakan pisau palet kemudian isi semua bagian kayu yang berlubang. Aplikasikan juga wood filler ke seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan permukaan yang merata.  Tunggu lapisan wood filler mengering kemudian lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas seluruh permukaan kayu hingga halus dengan amplas nomor 240. Pastikan warna kayu dan serat kayu terlihat, setelah itu bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan BioColours wood stain sebagai warna dasar, campurkan bahan dan air ke dalam gelas plastik dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata dan tuangkan larutan ke dalam alat semprot yang sudah dibersihkan. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu sampai merata kemudian tunggu kering. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang ke seluruh permukaan dengan amplas 400.
  • Aplikasikan BioColours sanding sealer. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air and campurkan ke dalam gelas plastik. Tuang larutan ke dalam alat spray dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Lanjutkan dengan pengeringan, tunggu kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400.
  • Aplikasikan toning untuk setting warna. Caranya, campur BioColours wood stain,  air dan topcoat ke dalam gelas plastik dengan perbandingan 1 bahan : 4 topcoat : 1 air. Aduk merata dan tuangkan larutan ke dalam alat semprot yang sudah dibersihkan. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu sampai merata dan didapatkan warna yang sesuai dengan acuan warna. Kemudian tunggu kering. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang ke seluruh permukaan dengan amplas 400.
  • Aplikasikan BioColours Top coat, campurkan bahan and air ke dalam gelas plastik. Gunakan lagi perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk merata tuangkan ke alat semprot. Memulai aplikasikan cat secara merata ke seluruh furniture. Proses pengeringan membutuhkan waktu selama 24 jam. Diamkan furniture semalaman dalam ruangan yang bersih dan kering.

Sumber : https://merkterbaik.com/