Panduan Finishing Lantai Kayu Merk Cat Water Based

Panduan Finishing Lantai Kayu Merk Cat Water Based

Panduan Finishing Lantai Kayu Merk Cat Water Based

Panduan Finishing Lantai Kayu Merk Cat Water Based
Panduan Finishing Lantai Kayu Merk Cat Water Based

 

Lantai kayu menjadi pilihan terbaik dibandingkan lantai keramik dan granit.

Jika granit memiliki harga yang mahal, kayu bisa menjadi pilihan dengan harga yang lebih murah. Jika lantai keramik tidak memiliki tampilan dan kekuatan yang baik maka lantai kayu bisa menjadi solusinya. Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih lantai kayu.

Tentu saja alasan pemilihan tersebut mencakup keuntungan yang didapatkan menggunakan lantai ini. Kayu adalah material yang sudah digunakan manusia sejak beribu-ribu tahun lamanya. Kekuatan kayu adalah alasan utama mengapa kayu digunakan sebagai lantai.

Lantai kayu memberikan keuntungan seperti tidak akan memberikan cedera yang parah apabila jatuh di atasnya, memberikan tampilan rumah yang indah serta tahan lama. Kayu adalah material yang akan mengikuti suhu udara dan menimbulkan kembang susut. Khusus untuk kayu yang digunakan sebagai material lantai, kembang susut kayu tidaklah tinggi.

 

Dibalik keuntungan menggunakan lantai kayu

Anda juga harus memperhatikan bagaimana lantai dilindungi. Perlindungan lantai kayu ini terletak bagaimana perawatan rutin dilakukan. Jangan pernah melupakan perawatan rutin karena inilah yang akan membuat lantai kayu tetap tahan lama dan berpenampilan menarik.

Pada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu finishing lantai kayu dan menjaga kebersihan lantai. Finishing adalah bagian utama setelah kayu dipasang sebagai lantai. Sedangkan menjaga kebersihan lantai dilakukan setelah lantai selesai di finishing (inilah perawatan rutin)

Lantai kayu yang sering digunakan misalnya di dapur, depan tv, depan pintu masuk adalah bagian yang membutuhkan perlindungan ekstra. Perlindungan ini tentunya disesuaikan dengan jenis bahan finishing yang digunakan. Jika ingin mendapatkan perlindungan tersebut sebaiknya pilih cat kayu yang kuat dan lentur

 

Pemilihan Cat Kayu untuk Lantai yang Kuat

Bagaimana Anda memilih cat kayu yang kuat untuk memberikan perlindungan pada lantai. Perlu dipahami, pada saat finishing bahan finishing yang digunakan tidak hanya satu dan berlapis-lapis dari beberapa produk. Produk yang wajib dipilih sangat kuat adalah produk yang diaplikasikan terakhir kali dan sering disebut dengan top co

Lantai kayu yang telah dilapisi top coat

Pemilihan top coat yang kuat berdasarkan bahan pembuatnya. Jika Anda ingin mendapatkan top coat yang kuat pastikan bahannya terbuat dari polyurethane. Bahan tersebut akan memberikan perlindungan yang sangat kuat pada lantai yang sering digunakan.

Tidak hanya kuat namun kelenturan cat kayu juga harus diperhatikan. Apakah cat memberikan kelenturan sesuai dengan kembang susut dari lantai akibat perubahan cuaca. Bahan polyurethane juga memiliki kelenturan yang baik. Walaupun kuat namun tidak akan memberikan efek retak karena kembang susut tersebut.

Anda bisa menggunakan produk Biothane yang merupakan cat kayu water based berbahan dasar polyurethane. Biothane dirancang khusus dan terbuat dari bahan air serta pelarutnya yang sama. Keunggulan dari bahan cat water based adalah warna kayu yang transparan dapat bertahan lama.

Tentu saja lantai yang telah dilapisi Biothane tidak akan berubah menguning dan kusam walaupun sering digunakan. Cat dapat bertahan bahkan sampai beberapa tahun kedepan. Jangan khawatir dengan proses aplikasinya juga karena semua dapat dilakukan dengan mudah layaknya aplikasi cat biasa.

 

Cara Aplikasi Finishing Lantai Kayu Dengan Cat Kayu Biothane

Apabila Anda ingin mengaplikasikan Biothane pada lantai kayu pastikan bahwa kayu sebelumnya telah dilapisi oleh wood stain atau sanding sealer. Kedua produk ini wajib diaplikasikan sebelum Anda mengaplikasikan Biothane.

Alasannya adalah pori kayu pada lantai harus ditutup terlebih dahulu agar tidak menimbulkan cacat finishing. Jika langsung mengaplikasikan top coat bahkan tidak hanya Biothane maka akan timbul bubble yang artinya pori kayu masih mengandung gelembung udara yang dikeluarkan pada saat cat memulai mengering.

Bubble yang sudah keluar pada saat cat mengering tidak mudah dihilangkan. Anda harus mengamplas ulang dan mengaplikasikan cat kembali sehingga berpenampilan baru. Tentu saja akan memakan banyak waktu.

Apabila Anda sudah siap melakukan finishing, berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk finishing lantai kayu:

  • Biothane
  • BioColours sanding sealer
  • Pad/ roll untuk aplikasi cat
  • mesin amplas
  • vakum
  • wadah untuk mencampurkan cat
  • pengaduk

Cara aplikasi cat pada finishing lantai kayu :

  • Amplas seluruh cat dengan mesin amplas. Gunakan amplas nomor 120 and pastikan seluruh bagian teramplas. Perhatikan bagian lantai yang berbatasan dengan dinding. Bagian tersebut seringkali tidak terjangkau oleh mesin jadi lakukan mengamplas secara manual.
  • Bersihkan debu amplas dengan vakum cleaner. Banyak debu pengamplasan yang akan tertinggal di sela kayu jadi menggunakan vakum adalah cara yang tepat. Lanjutkan dengan mendiamkan lantai sekitar 10 menit sebelum mulai mengecat.
  • Campurkan BioColours sanding sealer dengan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk seluruhnya dengan pengaduk sampai merata jangan ada endapan cat. Masukan pad dan roll seluruhnya dan memulai aplikasi.
  • Cara mengecat adalah searah dengan serat kayu. dilakukan satu kali sapuan sehingga tidak terputus dan meninggalkan ¬†jejak cat yang terlalu tebal. Perhatikan darimana Anda mulai mengecat, dilakukan mulai dari bagian yang dekat dengan dinding kemudian ke tengah.
  • Pada saat mengecat pastikan hasil akhir selalu berada di ambang pintu agar Anda mudah keluar. Diamkan lantai kayu selama satu jam, jika sudah kering lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan mesin amplas dengan kertas amplas halus nomor 400. Pengamplasan dilakukan untuk menimbulkan goresan agar lapisan cat di atasnya mudah melekat.
  • Bersihkan debu amplas kembali dengan vakum cleaner. Diamkan ruangan selama 10 menit sambil mencampur Biothane dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk sampai merata. Ingat jangan sampai terdapat endapan.
  • Masukan pad/ roll dan aplikasikan Biothane secara merata sama seperti langkah sebelumnya. Pastikan tidak ada bagian yang terlupakan dan Anda berhenti di ambang pintu. Diamkan lantai kayu agar kering semalaman. Keesokan harinya Anda akan melihat lantai kayu yang mengkilap dan terlindungi dengan kuat.

Baca Juga :