Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi

Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi

 Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi

 Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi
Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi

 

Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi

Pengertian / Definisi Alat Musik Perkusi. Alat musik ini biasa juga disebut alat musik pukul atau tabuh karena alat musik tersebut dapat menghasilkan suara apabila dipukul, ditabuh, digoyang, digosok-gosokkan, atau dengan cara dipukul menggunakan suatu alat, biasanya menggunakan tongkat (stik), maupun dengan tangan kosong, di kocok, ataupun di adukan dengan benda lain yang dapat menghasilkan bunyi.

Alat musik pukul juga disebut dengan alat musik perkusi.

Cara membunyikannya adalah dengan cara di pukul dan disentuhkan satu sama lain sehingga dapat menghasilakan nada, Menurut Wikipedia Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apa pun yang dapat menghasilkan suara bak karena dipukul, digosok, dikocok, diadukan atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. Istilah perkusi biasanya digunakan pada benda yang digunakan sebagai engiring dalam suatu permainan musik.

Alat musik perkusi atau alat musik pukul adalah

Merupakan alat musik yang bunyinya ditimbulkan oleh pukulan sebuah benda dengan benda lain. Alat perkusi merupakan suatu alat musik yang menarik karena alat musik tersebut dapat beraneka macam, dapat dibuat sendiri dengan cara yang mudah dan tidak dengan biaya yang mahal jika ingin membuat alat musik perkusi tersebut.

Menurut pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa alat musik perkusi adalah

Alat musik yang menghasilkan suara dengan cara dipukul, ditabuh, digoyang, digosok- gosokkan, atau dengan cara lain yang membuat objek bergetar maupun mengeluarkan suara.
Dalam pertunjukkan marching band, perkusi berfungsi sebagai penjaga tempo, dan beat yang memungkinkan para pemain berjalan secara serempak dan dalam irama dan kecepatan yang sama. Dalam musik jazz klasik, pendengar dapat dengan segera membedakan jenis ritme dari hi-hat atau bunyi simbal saat kata “swing” diucapkan.