Pengertian Evaluasi kurikulum pendidikan Islam

Pengertian Evaluasi kurikulum pendidikan Islam

  1. Pengertian Evaluasi

            Evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang  sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.[2] Sesuai dengan pengertian tersebut maka setiap evaluasi atau penilaian merupakan suatu proses yang sengaja  di rencanakan untuk memperoleh informasi  atau data, berdasarkan data tersebut kemudian dicoba membuat suatu keputusan.

            Dalam hubungan dengan kegiatan pengajaran , Nourman E. Gronlund (1976) merumuskan pengertian evaluasi sebagai berikut : Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.

            Dengan kata-kata yang berbeda, tetapi mengandung pengertian yang hampir sama, Wrighstone dan kawan-kawan,  mengemukakan rumusan evaluasi  pendidikan sebagai berikut : evaluasi pendidikan adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang di tetapkan di dalam kurikulum.[3]

  1. Pengertian Kurikulum

Kata “Kurikulum” berasal dari bahasa yunani yang semula di gunakan dalam bidang olah raga, yaitu Currere yang berarti jarak tempuh lari, yakni jarak yang harus di tempuh dalam kegiatan berlari mulai dari start hingga finish. Pengertian ini kemudian di terapkan dalam bidang pendidikan. Dalam bahasa arab istilah “kurikulum” di artikan dengan manhaj, yakni jalan yang terang, atau jalan terang yang di lalui manusia pada bidang kehidupannya. Dalam konteks pendidikan, kurikulum berarti jalan terang yang di lalui oleh pendidik/guru dengan peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta nilai-nilai. Al-Khauly (1981) menjelaskan  al-manhaj sebagai seperangkat rencana dan media untuk mengantarkan lembaga pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang di inginkan.[4]

sumber :

https://situsiphone.com/gb-whatsapp-apk/

Anda mungkin juga suka...