Pengertian Ginjal dan Prosesnya

Pengertian Ginjal dan Prosesnya

Pengertian Ginjal dan Prosesnya

Pengertian Ginjal dan Prosesnya
Pengertian Ginjal dan Prosesnya

PENGERTIAN GINJAL

Apa itu Ginjal?

Ginjal ialah salah satu organ insan yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan urin atau kencing. Kaprikornus ginjal ini merupakan belahan dari sistem ekskresi atau sistem pembuangan dalam tubuh kita.

Dimana Letak Ginjal Manusia?

Ginjal ini terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Di belahan atas (superior) ginjal terdapat kelenjar adrenal. Ginjal insan ada dua buah, bentuk menyerupai kacang yang berukuran panjang 11 centimeter dan tebalnya 5 centimeter (ini ukuran ginjal pada insan dewasa).

Proses yang Terjadi pada Bagian-Bagian Ginjal

– Filtrasi

Proses filtrasi ini terjadi pada kapiler glomerulus dan kapsul bowman. Ada beberapa faktor yang bisa memantu melancarkan proses filtrasi ini, yaitu tekanan hidrolik dan juga pemeabilitas yang tinggi pada glomerulus itu sendiri. Pada glomerulus juga terjadi beberapa proses lain diantaranya ialah pengikatan kembali sel-sel darah, keping darah, dan juga sebagian besar protein plasma yang ada di dalam tubuh. Proses ini akan menghasilkan urine primer.

– Reabsorbsi

Proses reabsorbsi terjadi pada tubulus kontortus proksimal yang nantinya akan menghasilkan urine sekunder. Pada proses ini akan terjadi penambahan beberapa zat sisa serta urea yang ada pada tubulus kontortus distal. Sedangkan zat-zat yang masih mempunyai kegunaan pada urine primer yang melalui proses reabsorbsi akan dikembalikan lagi ke darah melalui pembuluh kapiler.

– Augmentasi

Proses terakhir ialah proses augmentasi di mana urine sekunder yang berasal dari lengkung henle akan disalurkan ke tubulus kontortus distal. Pada belahan itulah urine sekunder akan mengalami proses augmentasi, di mana urine sekunder akan ditambahkan beberapa zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Proses ini akan menghasilkan urine sesungguhnya yang akan dikeluarkan melalui ureter. Urine tersebut terdiri dari 96% air, 1,5% garam, dan 2,5 urea, sedangkan sisanya terdiri dari substansi lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Ginjal dan Prosesnya. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai refrensi bagi siapa saja yang membutuhkannya. Terimakasih

Baca Juga: