Pengertian Kalimat

 Pengertian Kalimat

 Pengertian Kalimat

 Pengertian Kalimat

Dalam berbagai literatur sering kita temukan bahwa kalimat diartikan sebagai kumpulan kata-kata dan memenuhi unsur subjek, predikat, dan objek. Dalam kenyataannya tidak semua kalimat yang digunakan dalam tuturan sehari-hari memenuhi persyaratan tersebut. Pengertian kalimat sebagai kumpulan kata-kata dan memenuhi unsur subjek, predikat, dan objek tidaklah tepat , pengertian diatas lebih mengacu pada pengertian klausa.

Kalimat yaitu rangkaian kata yang dapat mengungkapkan gagasan, pikiran, atau perasaan. Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Pada kalimat sekurang kurangnya harus memiliki subjek (S) dan predikat (P). Bila tidak memiliki subjek dan predikat maka bukan disebut kalimat tetapi disebut frasa.

Dalam wujud lisan kalimat diucapkan dengan suara naik turun, dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Bila diekspresikan kedalam wacana tulisan, kalimat itu akan tampak dengan penandaan berupa penulisan ejaan yang disempurnakan, seperti penulisan diawali dengan hurup kapital dan diakhiri dengan tanda baca titik(.), seru(!), dan tanya(?).

2.2.      Unsur-Unsur Kalimat

Dalam menuliskan kalimat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar maka kita harus ketahui unsur-unsur yang biasanya dipakai dalam sebuah kalimat. Dalam bahasa Indonesia digunakan aturan SPO atau SPOK (Subjek, Predikat, Objek atau Subjek, Predikat, Objek, Keterangan).

sumber :

MU Origin 3.0.4 Apk + Mod for android

Anda mungkin juga suka...