Pengertian Manajemen Kualitas Air

Pengertian Manajemen Kualitas Air

            Air merupakan media internal dan eksternal bagi organisme di perairan. Dalam dunia budidaya, kualias air didefinisikan sebagai kesesuaian air untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan organisme perairan. Pengelolaan kualitas air dimaksudkan untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas air agar layak bagi kehidupan organisme yang dibudidayakan.

Kualitas air adalah kondisi kalitatif air yang diukur dan atau di uji berdasarkan parameter-parameter tertentu dan metode tertentu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku (Pasal 1 keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 115 tahun 2003). Kualitas air dapat dinyatakan dengan parameter kualitas air. Parameter ini meliputi parameter fisik, kimia, dan mikrobiologis (Masduqi,2009).

            Menurut Acehpedia (2010), kualitas air dapat diketahui dengan melakukan pengujian tertentu terhadap air tersebut. Pengujian yang dilakukan adalah uji kimia, fisik, biologi, atau uji kenampakan (bau dan warna). Pengelolaan kualitas air adalah upaya pemaliharaan air sehingga tercapai kualitas air yang diinginkan sesuai peruntukannya untuk menjamin agar kondisi air tetap dalam kondisi alamiahnya.

Jadi, Manajemen kualitas air adalah Suatu usaha untuk menjaga kondisi air tetap dalam kondisi baik untuk budidaya ikan dengan memperhatikan faktor fisik, kimia dan biologinya.

Fisika meliputi : Suhu, Cahaya, Kecerahan, Warna air, Kekeruhan, Padatan tersuspensi, Kimia meliputi : pH, DO (oksigen terlarut), amonia, CO2 dan Nitrogen, dan Biologi meliputi:

Plankton dan bakteri

sumber :
https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...