PENGERTIAN PASAR

PENGERTIAN PASAR

Pengertian pasar secara umum, yakni tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga dapat menetapkan harga. Dalam ekonomi kita mengenal ada pasar tempat perusahaan memproduksi barang dalam skala kecil yg harus menghadapi banyak pesaing yg banyak memproduksi barang dalam skala besar dan ada pula pasar tempat perusahaan memproduksi barang dalam yang harus menghadapi banyak pesaing dalam memproduksi barang dalam skala kecil. Perbedaan jumlah dan besarnya skala produksi berbagai perusahaan du suatu negara dapat di katakan sebagai struktur pasar.

2)      PENGERTIAN STRUKTUR PASAR

Struktur pasar adalah berbagai hal yg mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar, seperti jumlah perusahaan, skala priduksi, dan jenis produksi.

Struktur pasar kompetitif adalah struktur pasar dimana perusahaan-perusahaan yang ada di dalam nya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga jumlah barang di pasar. Semakin lemah ke mampuan perusahaan-perusahaan terebut, semakin kompetitif struktur pasar.

Dalam dunia nyata, proses tercapainya tingkat harga dan output sangat dipengaruhi oleh struktur pasarnya. Pasar (market) terdiri dari pembeli dan penjual aktual maupun potensial dari suatu produk tertentu. Struktur pasar mengacu kepada lingkungan persaingan di mana pembeli dan penjual produk tersebut beroperasi.

Biasanya struktur pasar dibagi menjadi empat jenis  Pasar persaingan  sempurna pada kutub ekstrim yang satu, pasar monopoli murni pada kutub ekstrim yang lain, dan pasar persaingan monopolistik serta oligopoli yang berada ditengah-tengahnya. Jenis-jenis struktur atau organisasi pasar ini didefenisikan berdasarkan jumlah serta ukuran pembeli dan pjual bagi produk tersebut, Jenis produk yang dibeli dan dijual (yaitu terstandarisasi atau homogen, berlawanan dengan produk terdiferensiasi), tingkat mobilitas sumber daya (yaitu kemudahan bagi perusahaan atau pemilik  faktor produksi untuk memasuki kondisi permintaan dan penawaran yang dimiliki oleh agen-agen ekonomi (yaitu perusahaan, pemilik faktor produksi, dan konsumen).

sumber  :
https://icbbumiputera.co.id/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...