PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI

PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI

PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI

PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI

  1. SISTEM OPERASI DOS

Merupakan kepanjangan dari Disk Operating System. Merupakan pendahulu dari sistem operasi windows. Dikembangkan oleh IBM. Kelebihannya adalah ringan pada memori, ukuranya kecil, dan bisa digunakan di perbagai perangkat. Sistem operasi ini sudah tidak digunakan. Hanya pada awal-awal penggunaan komputer.

  1. SISTEM OPERASI WINDOWS

Adalah sistem operasi yang paling banyak dan umum digunakan. Termasuk dalam sistem operasi stand alone. Dikembangkan oleh IBM. Saat ini sudah memasuki generasi ke 16 yaitu Windows 10 yang dikeluarkan pada 2015. Kelebihannya adalah instalasi mudah, ringan di memori, bisa digunakan di berbagai perangkat, perkembangan cepat, support driver.

  1. SISTEM OPERASI MAC OS

Adalah kepanjangan dari Macintosh operating system. Sistem operasi ini adalah khusus dibuat untuk perangkat komputer buatan appel. Artinya tidak dapat digunakan di perangkat di luar apple. Sistem operasi ini adalah pengembangan dari sistem operasi Linux. Saat ini sudah mencapai generasi ke 21 yaitu Mac OS X / Yosemite yang dikeluarkan tahun 2014.

  1. SISTEM OPERASI LINUX

Sistem operasi ini juga pen source artinya dapat didownload secara gratis. Biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan. Saat ini sudah mencapai generasi ke 22 yaitu Gentoo Linux. Kelebihannya adalah gratis dan perkembangannya cepat. Kekurangannya tidak cocok untuk semua perangkat dan jarang digunakan untuk umum.


Baca Juga :

Anda mungkin juga suka...