PEREKONOMIAN TERBUKA BESAR

PEREKONOMIAN TERBUKA BESAR

PEREKONOMIAN TERBUKA BESAR

PEREKONOMIAN TERBUKA BESAR

  1. Arus modal keluar neto

Perbedaan penting antara perekonomian terbuka kecil dan besar adalah perilaku dan arus modal keluar neto. Dalam perekonomian terbuka kecil, modal bergerak bebas kedalam atau keluar dari perekonomian terbuka kecil, modal bergerak bebas kedalam atau keluar perekonomian pada tingkat bunga dunia tetap r*. model perekonomian terbuka besar memiliki asumsi yang berbeda mengenai arus dana internasional. Untuk memahami asumsi itu, ingatlah bahwa arus modal keluar neto adalah jumlah pinjaman yang di berikan oleh investor domestic ke luar negeri dikurangi pinjaman dari investor asing kedalam negri. Arus modal neto ke Negara lain, yang dilambangkan CF, berhubungan negative dengan tingkat bunga riil domestic r. ketika tingkat bunga naik, sebagian kecil dari tabungan kita mengalir ke luar negeri, dan lebih banyak dana untuk akumulasi modal mengalir dari Negara-negara lain. Dan ditulis sebagai

CF= CF(r)

Persamaan ini menyatakan bahwa arus modal keluar neto adalah fungsi dari tingkat bunga domestic. Gambar 5.15 menunjukkan hubungan ini.

Gambar 5.15

Bagaimana arus modal keluar neto bergantung pada tingkat bunga. Tingkat bunga domestic yang lebih tinggi membuat investor domestic enggan memberi pinjaman keluar negri dan meendorong investor asing member pinjaman ke dalam negri.karena itu, arus modal keluar neto,CF, berhubungan negative dengan tingkat bunga.

Perekonomian tertutup adalah kasus khusus yang ditunjukkan dalam bagian (a) gambar 5.16. dalam perekonomian tertutup, tidak ada utang atau investasi internasional dan tingkat bunga menyesuaikan diri untuk menyeimbangkan tabungan dan investasi domestic. Ini berarti bahwa CF=0 pada tingkat bunga berapa pun. Situasi ini akan muncul jika investor domestic dan asing tidak ingin memiliki asset asing., tanpa memperdulikan keuntungan yang bisa didapat. Hal tersebut juga akan terjadi jika pemerintah melarang penduduknya melakukan tranksaksi di pasar uang internasional, seperti yang dilakukan oleh beberapa Negara.

Perekonomian terbuka kecil dengan mobilitas modal sempurna adalah kasus khusus yang ditunjukkan dalam bagian (b) gambar 5.16. dalam kasus ini, arus modal dengan bebas masuk dan keluar dari satu Negara pada tingkat bunga riil tetap r*.

Dua kasus khusus. Dalam perekonomian tertutup, yang di tujukkan pada bagian (a),arus modal keluar neto adalah nol pada tingkat bunga berapun.dalam perekonomian terbuka kecil dengan mobilitas modal sempurna, yang di tunjukkan pada bagian (b), arus modal keluar neto elastic sempurna pada tingkat bunga dunia r*.

Gambar 5.16

sumber :

https://bernas.co.id/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...