Periode Kapur Pada Zaman Mesozoikum

Periode Kapur Pada Zaman Mesozoikum

Periode Kapur Pada Zaman Mesozoikum

Periode Kapur Pada Zaman Mesozoikum

144-65 Juta Tahun Lalu

Cretaceous biasanya dicatat untuk menjadi bagian terakhir dari “Age of Dinosaurs”, tapi itu tidak berarti bahwa jenis baru dinosaurus tidak muncul kemudian. Hal ini selama periode Kapur yang pertama ceratopsian dan dinosaurus pachycepalosaurid muncul. Juga selama waktu ini, kita menemukan fosil pertama dari banyak kelompok serangga, mamalia modern dan kelompok burung, dan tanaman berbunga pertama.


Pecahnya benua Pangaea dunia, yang mulai terpisahkan selama Jurassic , dan terus berlanjut. Hal ini menyebabkan perbedaan regional meningkat pada flora dan fauna antara benua utara dan selatan. Akhir Kapur membawa akhir kelompok sebelumnya sukses dan beragam organisme, seperti dinosaurus non-unggas dan ammonita. Hal ini diungkapkan panggung untuk kelompok-kelompok yang sebelumnya mengambil peran sekunder untuk datang ke permukaan. Cretaceous demikian waktu di mana kehidupan seperti yang sekarang ada di Bumi datang bersama-sama.


Kehidupan Periode Cretaceous

Tidak ada kepunahan besar atau ledakan keanekaragaman dipisahkan Cretaceous dari Periode Jurassic yang telah mendahuluinya. Dalam beberapa hal, hal-hal berlangsung seperti yang mereka lakukan. Dinosaurus , baik besar dan kecil yang bergerak melalui hutan pakis, sikas, dan tumbuhan runjung. Amon, belemnites, moluska lain, dan ikan yang diburu oleh besar “reptil laut,” dan pterosaurus dan burung mengepakkan dan meluncur di udara di atas. Namun Cretaceous melihat penampilan pertama dari lifeforms banyak yang akan pergi ke memainkan peran kunci dalam kedatangan Kenozoikum dunia.


Mungkin yang paling penting dari kejadian ini, setidaknya untuk kehidupan di darat, adalah penampilan pertama dari tanaman berbunga , juga disebut angiosperma atau Anthophyta. Pertama muncul di Bawah Kapur sekitar 125 juta tahun yang lalu, tanaman berbunga pertama terpancar di Kapur tengah, sekitar 100 juta tahun yang lalu. Dengan penutupan Kapur, sejumlah bentuk telah berkembang bahwa setiap ahli botani modern akan mengenali.


Pada waktu yang sama, kelompok modern banyak serangga mulai diversifikasi, dan kita menemukan semut tertua dan kupu-kupu. Kutu daun, belalang, dan tawon empedu muncul dalam Kapur, serta rayap dan semut di bagian akhir dari periode ini. Serangga lain yang penting untuk berkembang adalah lebah eusocial, yang integral dari ekologi dan evolusi tanaman berbunga.

Cretaceous juga melihat radiasi pertama dari diatom di laut (diatom air tawar tidak muncul sampai Miosen ).


Kepunahan Kapur

Yang paling terkenal, jika tidak yang terbesar, dari semua kepunahan massal menandai berakhirnya Periode Kapur, 65 juta tahun yang lalu. Seperti semua orang tahu, ini adalah kepunahan besar di mana dinosaurus mati. (. Kecuali untuk burung, tentu saja) Garis keturunan lain dari “reptil laut”, seperti ichthyosaurus, plesiosaurus, dan mosasaurs, juga telah punah pada akhir periode Kapur, begitu pula pterosaurus terbang – meskipun beberapa, seperti ichthyosaurus, itu mungkin punah sedikit sebelum akhir periode Kapur.


Banyak jenis foraminiferans pergi punah pada akhir periode Kapur, seperti yang dilakukan bani Amon. Tetapi banyak kelompok organisme, seperti tanaman berbunga gastropoda, dan pelecypods (siput dan kerang), amfibi , kadal dan ular, buaya, dan mamalia “berlayar melalui” batas Kapur-Tersier, dengan sedikit atau tidak ada kepunahan jelas sama sekali.


Sumber: https://red-literaria.com/banana-kong-apk/

Anda mungkin juga suka...