Perkembangan Kognitif

Perkembangan Kognitif

  Teori Piaget

      Menurut Jean Piaget pada tahap masa awal anak, seorang anak telah memasuki perkembangan kognitif tahap praoperasional yang berlangsung pada usia 2-7 tahun. Piaget menyebut tahap ini sebagai tahap praoperasional karena anak masih belum memahami aturan dan operasi tertentu.

    Karakterisasi tahap praoperasional adalah :

  1. Anak belajar menggunakan bahasa dan untuk mempresentasikan objek dengan citra dan kata-kata.
  2. Pemikiran anak masih egosentrik : mengalami kesulitan dalam memandang dari sudut pandang orang lain.
  3. Mengklasifikan objek dengan ciri tunggal

Perkembangan kognitif tidak hanya mempengaruhi pemahaman anak tentang dunia fisik, tetapi dunia sosial pula. Karena pemahaman peraturan moral dan sosial adalah penting dalam sebuah masyarakat, Piaget tertarik bagaimana anak memahami peraturan tersebut. Piaget mendasarkan teori awal di bidang ini pada observasi yang dilakukannya terhadap anak-anak berbagai usia yang bermain kelereng. Ia bertanya kepada anak tersebut tentang asal mula, makna, dan kepentingan peraturan yangmereka ikuti. Dari jawaban mereka, ia merumuskan empat stadium perkembangan anak untuk memahami aturan. Dua stadium pertama masuk dalam periode praoperasional.

          *Stadium pertama timbul pada awal periode praoperasional saat anak mulai terlibat dalam permainan simbolik. Anak pada tahap ini akan berperan serta dalam sejenis ‘permainan paralel’, bermain dengan anak lain menggunakan mainan yang sama tetapi tidak dalam cara terorganisasi secara  sosial. Setiap anak cenderung mengikuti sejumlah peraturan idiosinkratik, menurut keinginan pribadinya sendiri. Sebagai contohnya, seorang anak mungkin memilih kelereng dengan warna yang berbeda-beda, atau menggelindingkan kelereng yang besar diikuti dengan semua yang kecil. Dalam hal ini anak sering mengubah ‘peraturan’ itu sekehendak hatinya, dan mereka tidak memiliki tujuan kolektif seperti kerja sama atau kompetisi.

sumber :

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/06/kinemaster-pro/

Anda mungkin juga suka...