Pokok-pokok tindakan pertolongan

Pokok-pokok tindakan pertolongan

Pokok-pokok tindakan pertolongan

Pokok-pokok tindakan pertolongan

  1. pertolongan pertama pada kecelakaan

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah pertolongan darurat yang diberikan kepada seseorang yang sakit mendadak atau mendapat keelakaan sebelum mendapat pertolongan dari seorang ahli atau dokter.[1] Pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK/P3K) merupakan pertolongan pertama yang harus segera diberikan kepada korban yang mendapatkan kecelakaan atau penyakit mendadak dengan cepat dan tepat, sebelum korban dibawa ke tempat rujukan atau rumah sakit. P3K yang dimaksud yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan pertama yang lengkap diberikan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya agar korban tidak menjadi lebih parah. P3K diberikan untuk menyelamatkan korban, meringankan penderitaan korban, mencegah cedera atau penyakit yang lebih parah, mempertahankan daya tahan korban, dan mencarikan pertolongan yang lebih lanjut.[2]

2

Perlengkapan PPPK sangat tergantikan pada kebutuhan penanganan korban dan tingkat pengetahuan serta keterampilan dari si penolong. “ mengetahui apa yang harus dikerjakan saat melakukan prosedur PPPK” adalah sangat penting. Sebagai contoh, memindahkan dengan ceroboh seorang yang cedera leher dapat menyebabkan si korban akan mengalami cedera syaraf tulang belakang yang sangat serius dan menyebabkan kelumpuhan.[3] Keterampilan P3K dan pengetahuan praktis tentang kesehatan bagi pramuka penting agar mampu menjaga kesehatan dirinya dan keluarga serta lingkungannya, serta mempunyai kemampuan yang mantap untuk menolong orang lain yang mengalami kecelakaan.

Tindakan P3K yang dilakukan dengan benar akan mengurangi cacat atau penderitaan dan bahkan menyelamatkan korban dari kematian, tetapi bila tindakan P3K dilakukan tidak baik malah bisa memperburuk akibat kecelakaan bahkan menimbulkan kematian.

Pertolongan pertama pada kecelakaan sifatnya semantara. Artinya kita harus tetap membawa korban ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan lebih lanjut dan memastikan korban mendapatkan pertolongan yang dibutuhkan.

sumber :

Power Light – Flashlight with LED Reminder Light 1.6.22 Apk

Anda mungkin juga suka...