Politik Luar Negeri Amerika Serikat

Politik Luar Negeri Amerika Serikat

Politik Luar Negeri Amerika Serikat

Politik Luar Negeri Amerika Serikat

Politik luar negeri Amerika Serikat di era pemerintahan

Presiden George W. Bush, mengalami perubahan yang sangat radikal dibandingkan dengan politik luar negeri pada era sebelumnya. Dengan kata lain, kebijakan luar negeri Amerika Serikat pada masa pemerintahan Bush telah mengalami revolusi.


Paska runtuhnya gedung WTC (World Trade Center) tanggal 11 September 2001, Amerika Serikat menargetkan beberapa negara yang terkait sebagai pendukung terorisme, salah satunya adalah Korea Utara. Korea Utara, menjadi isu internasional ketika berusaha mengembangkan nuklirnya pada tahun 2002 dan disinyalir memproduksi senjata pemusnah massal untuk diekspor ke negara-negara lain. Hal ini yang menyebabkan Amerika Serikat berniat untuk melucuti senjata-senjata konvensional terhadap beberapa negara yang akan mengancam kepentingan nasional Amerika Serikat.

Politik luar negeri Amerika Serikat yang digunakan untuk mempengaruhi Korea Utara dalam bernegosiasi secara bilateral yang mana sebelumnya Amerika Serikat akan melancarkan bantuan kembali kepada Korea Utara atas kegagalan kesepakatan kerangka kerja pada tahun 1994. Sebagai timbal baliknya, Korea Utara harus membekukan program nuklirnya. 


Sumber: https://civitas.uns.ac.id/kasiono/seva-mobil-bekas/

Anda mungkin juga suka...