Rumah Hemat Energi

Rumah Hemat Energi

Penghematan energi di rumah dapat dicapai dengan menggunakan sumber energi selain listrik yang ada di sekitar kita, seperti angin dan matahari. Suhu dan kelembaban yang relatif tinggi di rumah dapat dikurangi secara alami dengan pendekatan desain arsitektur tropis. Sedangkan sinar matahari tropis yang melimpah tentunya membantu untuk memenuhi kebutuhan penerangan di siang hari.

Kontrol suhu rumah Anda dengan udara alami

1. Ventilasi silang

Inti dari ventilasi silang adalah untuk menciptakan perbedaan tekanan udara agar udara dapat didistribusikan secara merata. Untuk memastikan sirkulasi dan distribusi udara yang merata dalam suatu ruangan, ventilasi perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti ukuran, pola lubang dan desain.

2. Ventilasi dan insulasi atap.

Pengurangan panas pada atap akan mempengaruhi suhu ruangan dibawahnya yaitu dengan ruangan dibawahnya yang dilengkapi dengan bukaan agar udara panas tidak terjebak. Bukaan pada atap dapat berupa bagian atap yang bersabun atau berventilasi.

Turbin kipas juga dapat digunakan untuk mempercepat pelepasan udara panas ke dalam ruang atap. Alat ini berputar tanpa listrik, tetapi di bawah tekanan udara panas, yang secara otomatis menggerakkan turbin untuk mengeluarkan udara panas.

3. Menara angin

Menara angin menghisap dan memerangkap angin untuk menjaga sirkulasi udara. Tekanan udara panas di dalam rumah akan dibuang melalui menara angin dan diganti dengan udara segar. Untuk hasil optimal, tiang angin dibuat dengan penutup menghadap ke arah angin.

4. Langit-langit tinggi.

Jarak yang jauh antara lantai dan langit-langit memungkinkan udara bergerak bebas di ruang kosong. Jika plafon rumah dibentuk meninggi, panas asal atap hendak menjadi dingin dan ruangan jadi sangat sejuk. Buat memperoleh udara segar, ke tinggian plafon minimal 3 m, agar volume ruangan bertambah dan aliran udara lancar.

5. Penggunaan bahan alami

Semakin banyak Anda menggunakan bahan baku alami seperti kayu, batu alam dan batu bata, maka semakin sejuk udara di dalam ruangan. Bahan yang lebih tebal dapat menghambat perpindahan panas.

hunian hemat energi lainnya: tubaguskencanaarsitek.co.id

6. Warna-warna pastel

Permukaan lembut dengan warna pastel tidak hanya terlihat bersih dan memperlebar pandangan, tetapi juga tidak menyerap radiasi matahari. Konsep warna menyatakan bahwa warna terang akan memantulkan panas dan warna gelap akan menyerap panas. Jadi telitilah dulu sebelum memutuskan warna apa dan di mana mengaplikasikannya.

Anda mungkin juga suka...