Sasaran Keperawatan Kesehatan Komunitas

Sasaran Keperawatan Kesehatan Komunitas

Sasaran Keperawatan Kesehatan Komunitas

Sasaran Keperawatan Kesehatan Komunitas
Sasaran Keperawatan Kesehatan Komunitas

Sasaran atau klien dari keperawatan kesehatan komunitas adalah “populasi”. Namun siapakah populasi itu?

Individu

Sasaran prioritas individu adalah balita gizi buruk, ibu hamil resiko tinggi, lansia, penderita penyakit menular (tuberkulosis paru, kusta, malaria, demam berdarah, diare dan ISPA atau pneumonia) serta penderita penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus dan stroke.

Keluarga

Keluarga yang menjadi sasaran prioritas adalah keluarga yang termasuk rentan terhadap masalah kesehatan (vulnerable group) atau resiko tinggi (high risk group) dengan prioritas sebagai berikut:
Keluarga miskin yang belum pernah kontak dengan sarana pelayanan kesehatan (Puskesmas dan jaringannya) dan belum mempunyai kartu sehat.
Keluarga miskin yang sudah memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan serta mempunyai masalah kesehatan yang ada hubungannya dengan tumbuh kembang balita, kesehatan reproduksi, dan penyakit menular.
Keluarga yang tidak termasuk miskin, tidak mempunyai masalah kesehatan prioritas serta belum memanfaatkan sarana pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Fungsi Lembaga Keluarga

Kelompok

Sasaran kelompok adalah kelompok masyarakat khusus yang rentan terhadap timbulnya masalah kesehatan, baik yang terikat dalam suatu institusi maupun tidak. Contoh kelompok masyarakat khusus yang terikat dalam suatu institusi misalnya warga sekolah, pesantren, panti asuhan, panti wreda, rutan dan lapas. Sedangkan kelompok masyarakat khusus yang tidak terikat dalam institusi khusus misalnya posyandu, kelompok balita, ibu hamil, lansia, penderita penyakit tertentu dan pekerja informal.

Masyarakat

Sasaran masyarakat adalah masyarakat yang rentan terhadap timbulnya masalah kesehatan, seperti:
Masyarakat di suatu wilayah yang (1) jumlah bayi meninggal lebih tinggi dari wilayah lain, (2) jumlah penderita penyakit tertentu lebih tinggi dari wilayah lain, (3) cakupan pelayanan kesehatan lebih rendah dari wilayah lain.
Masyarakat di daerah endemis penyakit menular
Masyarakat di lokasi atau barak pengungsian akibat bencana alam atau akibat lainnya
Masyarakat di tempat yang kondisi geografisnya sulit (daerah terpencil)
Masyarakat di daerah pemukiman baru yang sulit dijangkau transportasi, misalnya di daerah transmigrasi.

Anda mungkin juga suka...