Seberapa Amankah Triclosan

Seberapa Amankah Triclosan

Seberapa Amankah TriclosanSeberapa Amankah Triclosan

Kebersihan gigi dan mulut sangat penting untuk menunjang kesehatan gigi. Dewasa ini sebagian besar pasta gigi yang ada di pasaran mengandung Triclosan.Para perusahan produsen produk yang mengandung triclosan mengklaim bahwa triklosan aman dan The American Dental Association mendukung penggunaan triclosan pada pasta gigi! “ADA.org: ADA News: Triclosan study not relevant to toothpaste”.

Fungsi Triclosan

sendiri pada pasta gigi adalah untuk mengurangi plak dan mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa memicu gingivitis atau radang gusi. Seperti kata Profesor Margaret James dari University of Florida, dilansir Dailymail, Triclosanmerupakan anti-bakteri yang kuat yang dikembangkan hampir 50 tahun yang lalu. Sekarang umum digunakan dalam pasta gigi, deodoran dan sabun pencuci tangan, sabun mandi anti-bakteri dan bahkan beberapa jenis mainan.Dan sekarang bahan ini tengah membawa kekhawatiran bagi Food and Drug Administration (FDA) Amerika yang telah mengumumkan untuk meninjau ulang tingkat keamanan penggunaan ticlosan.

Sebuah penelitian justru mengatakan adanya kemungkinan triclosan dapat menyebabkan kuman-kuman makin kebal dengan antibiotik. Dalam studi Scientific Committee on Consumer Safety di Uni Eropa dan FDA di Amerika Serikat, penggunaan triclosan diduga bisa memicu resistensi atau kekebalan terhadap antibiotik. Penelitian di laboratorium menunjukkan senyawa ini bisa menyebabkan mutasi gen pada beberapa jenis bakteri, seperti E.Coli, Salmonella, dan Listeria. Mutasi itulah yang dikhawatirkan dapat membuat pengobatan infeksi menjadi tidak efektif atau dengan kata lain antibiotik menjadi tidak mempan lagi mengobati penyakit.

Penelitian dari Virginia Tech menemukan bahwa produk yang mengandung triclosan, ketika terpapar air kran, maka akan menghasilkan kloroform atau lain produk sampingan klorin. Rule KL, Ebbett VR, Vikesland PJ (2005). “Formation of chloroform and chlorinated organics by free-chlorine-mediated oxidation of triclosan”. Environ. Sci. Technol. 39 (9): 3176–85. The United States Environmental Protection Agency mempertimbangkan bahwa produk samping triclosan, berupa chloroform, kemungkinan bersifat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. (sumber disini).

Penelitian baru juga menunjukkan bahwa triclosan pada pasta gigi dapat mengganggu aliran darah ke rahim, sehingga menyebabkan kelaparan otak janin. Padahal oksigen sangat diperlukan utk perkembangan otak janin. “Kami tahu bahan kimia ini dapat membawa masalah, apalagi untuk ibu hamil. Tapi kami belum tahu seberapa banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah,” kata Profesor Margaret James dari University of Florida, dilansir Dailymail. Triclosan dapat mengganggu enzim yg memungkinkan hormon estrogen beredar di rahim. Estrogen membantu arteri utama yg membawa darah kaya oksigen ke janin. Jika terlalu sedikit, arteri ini menyempit dan pasokan oksigen akan habis. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sabun anti bakteri yang mengandung triclosan dan triclocarban diduga dapat merusak reproduksi pada manusia, menurunkan kualitas sperma, serta produksi tiroid dan hormon seks

 

Sumber: https://infinidb.org/aurora-borealis-hiasi-langit-finlandia/

Anda mungkin juga suka...