Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode madinah dan hikmahnya

Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode madinah dan hikmahnya

Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode madinah dan hikmahnya

Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode madinah dan hikmahnya
Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode madinah dan hikmahnya

Dengan berpindahnya nabi Muhammad saw. Dari mekah maka barakhirlah periode pertama perjalan dakwah beliau di mekah. Selama 13 tahun lamanaya , beliau berjuang antara hidup dan mati menyerukan islam di tengah masyarakat mekah dengan kesabaran , harta benda, jiwa dan raga

Sebelum memasuki madinah, nabi Muhammad saw singgah di quba selama 4 hari beristirahat, nabi dan para sahabat mendapat sambutan penuh haru, hormat dan kerinduan dari selurah masyarkat madinah.

Nah, dalam artikel kali saya ingin megulas tentang Usaha yang ditempuh rasulullah saw untuk membentuk masyarakat islam di madinah serta hikmah sejarah dakwah periode madinah. Apa saja itu, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Usaha yang ditempuh rasulullah saw untuk membentuk masyarakat islam di madinah

Usaha yang ditempuh rasulullah saw untuk membentuk masyarakat islam di madinah serta hikmah sejarah dakwah periode madinah
Mahabbah kepada rasulullah.saw.

Mendirikan mesjid

Dalam mengembangkan kota madinah menjadi pusat perkembanga dakwah islamiah rasulullah saw mulai membangun sarana terpenting untuk mewujudkan rasa persaudaraan, yaitu tempat pertemuan.
Sarana yang dimaksud adalah masjid, tempat untuk melakukan ibadah kepada allah. Swt , secara berjamaah ,yang juga dapat digunakan sebagi pusat kegiatan untuk berbagai hal , seperti belajar mengajar, mengadili perkara-perkara yang muncul dalam masnyarakat , musyawah.
Nabi Muhammad saw. Merencanakan pembanguan masjid itu dan langsung ikut membagun bersama –sama kaum muslimin, mesjid yang dibangun itu kita kenal dengan mesjid nabawi.

Ukuranya cukup besar, dibangun di atas sebidang tanah dekat rumah abu ayyub al-anshari. Dindingnya terbuat dari tanah liat, sedangkan atapnya dari daun-daun dan pelepah kurma, didekat masjid itu dibangun pula tempat tinggal nabi Muhammad saw dan keluarganya.

membina ukuwah islamiyah

Hubungan persahabatan dengan pihak –pihak lain yang tidak beragama islam. Dimadinah, di samping orang-orang arab isalam juga masaih terdapt golongan masyarakat yahudi dan orang –oang arab yang masih menganut agama nenek monyang mereka.

Agar stabilitas masyarakat dapat diwujudkan , nabi Muhammad saw mengadakan ikatan perjanjian dengan mereka, perjanjian tersebut di wujudkan melalui sebuah piagam yang sebut dengan misaq madiah atau piagam madinah. Isi piagam itu antara lain mengenai kebebasan beragama, hak dan kewajiban masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban negerinya, kehidupan social , persamaan derajat dan disebutkan bahwa rasulullah saw menjadi kepala pemimpim madinah.

mengadakan perjanjian perdamaian dengan kaum yahudi

Guna menciptkan masyrakat yang tenang dan tentram , rasulullah saw telah mengalih langak yang tepat yakni mengadakan perjanjian perdamian dangan bangsa yahudi dan tindakan ini belum pernah dilakukan rasul-rasul sebelumnya dan ini menunjukkan bahwa baliau bukan hanya sebagai nabi dan rasul , melainkan juga sebagi ahli politik dan diplomat yang ulung.

isi perjanjian perdamian kaum yahudi

Adapun isi dari perjanjian perdamian kaum yahudi adalah:

#kaum yahudi hidup berdampingan dengan kaum yahudi muslim , kedua belah pihak bebas memuk dan menjalankan agama islam

#kedua belah pihak wajib menolong untuk melawan musuh

#kota madianh di jadikan kita suci meka harus dihormati

#jika terjadi perselisihan antar meraka, penyelesaian diserahakan kepada rasulullah saw

#siapa yang tinggal di dalam atau diluar madinah wajib dilindungi keamanannya keculai orang yang zalim dan bersalah.

#hikmah sejarah dakwah rasulullah saw periode madinah
Hikmah sejarah dakwah rasulullah saw periode madinah antara lain:

#terjadinya persaudaraan sebagiamana yang dilakukan oleh kaum muhajirin dan ansar yang dapat memberikan rasa aman, tentram serta memperkuat ukhuwah islamiyah

#sikap mejaga peratuan dan saling menghoramti antar sesama pemeluk agama

#memahami bahwa umat islam harus berpegang pada aturan allah

#menjadikan perjuagan raulullah sebagi sember inspirasi dan motivasi dalan menyiarkan islam

#menjadikan ketegaran rasulullah saw dalam berdakwah untuk dijadikan teladan agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala kesulitan dan hambatan-hambatan dalam berdakwah.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Usaha yang ditempuh rasulullah saw untuk membentuk masyarakat islam di madinah serta hikmah sejarah dakwah periode madinah

Mesjid yang kita kenal sekarang dengan nama mwsjid nabawi ternyata sudah di bangun pada awal-awal hijrahnya nabi Muhammad saw.

Masih banyak lagi usaha-usaha nabi Muhammad saw dalam menyiarkan agama islam di mekah yang tidak dapat saya uraiakan dalam artikel kali ini.

Semoga kita dapat mangambil hikmah dan nasehat dalama menjalani hidup di akhir zaman ini supaya tetap di berikan allah swt berada pada jalan yang lurus, sampai jumpa lagi pada arikel islami lainya.

Baca juga: