SISTEM PEMERINTAHAN DAN BENTUK NEGARA PADA MASA

SISTEM PEMERINTAHAN DAN BENTUK NEGARA PADA MASA

SISTEM PEMERINTAHAN DAN BENTUK NEGARA PADA MASA

SISTEM PEMERINTAHAN DAN BENTUK NEGARA PADA MASA

17 AGUSTUS 1945  27 DESEMBER 1949

Negara Indonesia ialah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik. Seperti kita ketahui bersama, bahwa setelah Indonesia memproklamirkan diri untuk kerdekan pada 17 Agustus 1945, tidak serta merta Indonesia langsung menjadi sebuah Negara yang lengkap dengan berbagai aparaturnya.

Indonesia beberapa kali mengalami perubahan terutama dalam system pemerintahannya, hingga akhirnya jadilah system pemerintahan seperti saat ini. Setelah sebelumnya diadakan siding PPKI sebanyak dua kali, yang pertama tanggal 18 Agustus 1945 yang menghasilkan keputusan :

  1. a)Mengesahkan dan menetapkan UUD RI yaitu UUD 1945
  2. b)MEMILIH Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh Hatta sebagai wakil presiden
  3. c)Membentuk KNIP ( Komite Nasional Indonesia Pusat ) untuk membantu presiden

Kemudian sidang PPKI yang kedua dan menghasilkan keputusan :

  1. a)Pembagian wilayanh Indonesia menjadi 8 provinsi
  2. b)Membentuk Komite Nasional
  3. c)Menetapkan 12 Departemen dengan para menterinya

Departemen-Departemen dan menteri-menteri Negara tersebut diatur dalam pasal 17 UUD 1945. Sesuai dengan system kabinet presidensiil ( pertanggungjawaban atas kebijaksanaan pemerintahaan ditanggung oleh presiden sendiri, presiden sebagai kepala Negara dan sekaligus sebagai kepala pemerintahan ), menteri-menteri Negara adalah pembantu presiden oleh karena itu mereka bertanggung jawab kepada DPR, seperti halnya dengan anggota-anggota kabinet parlementer.

Presiden sebagai dewan menteri, berhak mengangkat dan memberhentikan menteri-menterinya, oleh karena itu dalam membantu tugas presiden, menteri bergantung kepada presiden bukan DPR. Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR namun presiden tidak dapat membubarkan DPR oleh karena presiden dipilih MPR termasuk anggota-anggota DPR. Dan karena presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR, maka kedudukan presiden menteri-menterinya tidak tergantung kepada DPR.

sumber :

Dank Tanks 2.0.0 Apk for android

Anda mungkin juga suka...