Siswi SMKN 1 Manonjaya Juara I Menulis Cerpen Islami

Siswi SMKN 1 Manonjaya Juara I Menulis Cerpen Islami

Siswi SMKN 1 Manonjaya Juara I Menulis Cerpen Islami

Siswi SMKN 1 Manonjaya Juara I Menulis Cerpen Islami
Siswi SMKN 1 Manonjaya Juara I Menulis Cerpen Islami

Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya,

Via Resviani meraih juara I dalam lomba menulis cerita islami (ceris) di Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di SMAN 1 Cimalaka Kabupaten Sumedang, Sabtu (18/5/2019).

Via mengatakan, cerita pendeknya yang berjudul “Hijab Cinta Hilya” mengisahkan persahabatan penuh toleransi antar-empat siswa yang berbeda agama, sesuai tema yang diangkat dalam lomba, yakni moderasi beragama. “Ceritanya menonjolkan toleransi yang terjadi di sekolah melalui empat tokoh tersebut,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (28/5/2019).

Siswi kelahiran 9 Desember 2000 tersebut menuturkan, ini kali pertama baginya menulis

cerita bernuansa islami. “Paling sering menulis cerita yang temanya bebas. Jadi, ini kali pertama saya nulis cerita islami,” tuturnya.

Bukan suatu kebetulan Via berhasil meraih prestasi tersebut. Via sudah hobi menulis sejak setahun lalu, saat duduk di bangku kelas X dan mulai senang membaca buku cerita yang didapatkannya di perpustakaan sekolah. “Mulai dari sana seneng dan mulai rajin nulis,” ujar siswi¬†yang pernah meraih juara 2 menulis cerpen di Universitas¬†Galuh (Unigal) Kabupaten Ciamis pada 2018.

Siswi jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran ini menyatakan, dirinya kini sedang

menggarap novel remaja yang akan diunggah serta bisa dinikmati di Wattpad, situs daring bagi penulis untuk mengunggah karyanya.

“Kemajuan teknologi menunjang banget. Selain bisa dapet referensi buku bacaan secara gratis dan praktis, karya kita pun bisa dibaca oleh banyak orang,” katanya.

Kepala SMKN 1 Manonjaya, Oom Suparmas mengapresiasi prestasi yang diraih siswanya itu. “Alhamdulillah, kami turut berbangga atas prestasi yang diraih Via. Pada prosesnya, kita juga sangat mendukung keikutsertaan Via di ajang tersebut,” tuturnya.

Oom berharap, prestasi yang ditorehkan Via mampu memotivasi siswa lainnya untuk meraih prestasi di segala bidang, baik pada bidang akademik maupun non-akademik.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/