Terapi Art Musik Dianjurkan untuk ODGJ

Terapi Art Musik Dianjurkan untuk ODGJ

Terapi Art Musik Dianjurkan untuk ODGJ

Terapi Art Musik Dianjurkan untuk ODGJ
Terapi Art Musik Dianjurkan untuk ODGJ

Terapi kesembuhan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tidak hanya dilakukan

dengan pemberian obat serta rehabilitasi medik. Namun juga diperlukan terapi tambahan yang berfungsi untuk mempercepat kembalinya ingatan memori pasien tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya kepada pasien ODGJ penghuni UPTD Liponsos Keputih. Pasien ODGJ di sana, mendapat terapi tambahan berupa pertunjukkan art musik yang digelar di halaman UPTD Liponsos Keputih Surabaya.

Pertunjukkan musik yang digelar itupun mendapat antusias yang begitu besar bagi para penghuni

Liponsos Keputih. Tak jarang, pasien ODGJ ikut berjoget dan naik di atas panggung untuk bernyanyi bersama dengan para musisi. Kegembiraan mereka semakin terpancar ketika salah satu jurnalis bersuara emas ikut menyumbangkan beberapa lagu. Bahkan, dokter yang menangani mereka pun turut serta bernyanyi untuk menghibur pasien-pasien tersebut.

Kepala Dinsos Surabaya, Supomo mengatakan, selain penyembuhan melalui obat dan rehabilitasi medik,

pasien ODGJ di Liponsos Keputih juga diberikan terapi tambahan berupa art musik. Hal ini bertujuan untuk mempercepat kesembuhan serta mengembalikan ingatan memori pasien itu. “Jadi terapi musik ini merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengembalikan ingatan memori pasien,” kata Supomo saat ditemui di Liponsos Keputih.

 

Baca Juga :