Terapi Untuk Penderita Rematik

Terapi Untuk Penderita Rematik

Terapi Untuk Penderita Rematik

Di saat musim hujan atau udara dingin, rematik merupakan salah satu penyakit yang sering kambuh. Selain obat-obatan, ada beberapa terapi yang dapat dilakukan agar rematik tak kambuh saat udara dingin. Apa saja?

Rematik merupakan penyakit sendi yang begitu menyiksa dengan rasa nyeri yang luar biasa dan membuat penderitanya tidak leluasa bergerak, terutama di saat udara sedang dingin.

Rematik atau juga dikenal dengan Rheumatoid Arthritis (RA) adalah penyakit yang menyerang persendian atau jaringan penunjang di sekitar sendi.

7 terapi yang dapat dilakukan untuk memerangi rematik di musim dingin:

1. Olahraga

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa olahraga dapat memperburuk sendi, tetapi sangat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa rematik membantu mengurangi rasa sakit, kelelahan, meningkatkan fleksibilitas gerak dan kekuatan, serta membuat rematik lebih baik secara keseluruhan.

Tiga jenis latihan yang baik untuk rematik adalah latihan gerak, latihan penguatan dan latihan daya tahan (kardio atau aerobik), seperti aerobik air, jalan kaki, berenang, bersepeda dan berkebun.

2. Terapi fisik

Terapi fisik biasanya menggunakan panas, es, stimulasi listrik dan berbagai latihan gerak untuk membantu mengurangi pembengkakan dan inflamasi akibat rematik.


3. Terapi tubuh-pikiran

Terapi tubuh-pikiran dapat membantu penderita rematik menggunakan pikirannya untuk membuat tubuh merasa lebih baik. Terapi tubuh- pikiran dapat berupa meditasi kesadaran, biofeedback, latihan pernapasan dan relaksasi. Beberapa jenis olahraga terapi tubuh-pikiran seperti yoga, qi gong dan tai chi.

4. Minyak ikan

Minyak ikan dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada penderita rematik. Minyak ikan sama efektifnya dengan obat anti-inflamasi (seperti ibuprofen dan naproxen) untuk menghilangkan rasa sakit dan inflamasi.

5. Terapi panas

Salah satu pengobatan rumah sederhana untuk rematik adalah terapi panas. Mandi air panas atau pancuran selama 15 menit dapat membantu Anda bersantai dan menenangkan nyeri sendi dan otot.

6. Akupunktur

Akupunktur dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon ‘merasa-baik’ yang dikenal sebagai endorfin, sehingga mengurangi rasa sakit pada penderita rematik.

Baca Juga Artikel Lainnya :