TUGAS MAHKAMAH AGUNG

TUGAS MAHKAMAH AGUNG

TUGAS MAHKAMAH AGUNG

TUGAS MAHKAMAH AGUNG

Apa itu Mahkamah Agung? Apa saja tugas MA? Lalu sejauh mana kewenangan MA? Mahkamah Agung merupakan sebuah lembaga negara badan kehakiman paling tinggi. MA ini membawahi badan peradilan di dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, serta lingkungan peradilan bagian tata usaha negara.

Adapun mengenai tugas MA sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku adalah melindungi kesatuan hukum yang sudah ada, serta berwenang untuk melakukan pengawasan atas jalannya sebuah peradilan yang baik. Adapun mengenai tuhsa pokok MA diantaranya adalah sebagai berikut:

1. TUGAS KASASI

Mahkamah agung merupakan sebuah lembaga peradilan negara paling tinggi, serta merupakan lembaga kasasi. Mengenai tugas pelaksanaannya akan di atur di dalam pasal 20 yang berbunyi:

“Bahwa segala keputusan dari peadilan tingkat banding di dalam lingkungan peradilan umum bisa dimantakan kasasi kepada mahmah agung oleh pihak yang berkepentingan”

Baik yang memiliki kepentingan perdatam atau yang memiliki perkara pidana. Terkait dengan caranya, sudah di atur di dalam perundang-undangan.

2. TUGAS MELAKUKAN PENINJAUAN KEMBALI

Melakukan peninjauan kembali atas hasil keputusan yang diberikan oleh peradilan yang memiliki kukuatan di dalam hukum terhadap perkara perdata, ataupun perkara pidana yang bisa diajukan untuk pihak yang memiliki kepentingam.

Di dalam ketetapan tersebut, terdapat juga ahli waris yang termasuk juga pihak yang bermasalah. Mengenai tugas peninjauan ini, akan di atur di dalam pasal 21 UU No. 14 tahun 1970 dan pasal 52 UU No. 13 tahun 1965.

3. TUGAS UNTUK MEMUTUSKAN SENGKETA

Tugas MA atau Mahkamah agung yaitu untuk memutuskan perkara dengan cara melakukan aju banding di dalam putusan wasit dengan pertimbangan tetentu.

Pasal 46 ayat 3 di dalam perundang-undangan No.13 tahun 1965 yaitu untuk mengatur semua pemutusan sengketa terkait dengan wewenang mengadili antara satu peradilan yang ada di beberapa lingkungan peradilan.

4. TUGAS UNTUK MELAKUKAN PENGUJIAN

Sesuai dengan pasal 26 undang-undang No.14 tahun 1970, mahkamah agung memiliki hak untuk melakukan pengujian terhadap peraturan yang lebih rendah dibandingkan dengn undan-undang, terhadap sah, atau tidaknya sebuah perkara undang-undang yang memiliki tingkat lebih tinggi yang dapat dilakukan dengan jalan putusan kasasi oleh Mahkamah Agung.


Sumber: https://office1.co.id/2020/04/28/neo-angle-apk/

Anda mungkin juga suka...