Tujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum

Tujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum

      a.Tujuan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Islam

      Tujuan evaluasi kurikulum berbeda-beda tergantung dari konsep atau pengertian seseorang tentang evaluasi. Konsep seseorang tentang  evaluasi di pengaruhi oleh pandanga filosofis seseorang tentang posisi evaluasi sebagai suatu bidang kajian dan sebagai suatu profesi. Terkadang tujuan tersebut tercantum secara jelas dalam defenisi  yang di kemukakan  tetapi terkadang tidak tercantum dalam defenisi yang di kemukakan. Secara mendasar tujuan suatu pekerjaan evaluasi kurikulum pendidikan islam, dan evaluasi lainnya, bersifat praktis . tujuan tersebut dapat di kelompokkan sebagai berikut :

1)      Menyediakan informasi mengenai pelaksanaan pengembangan dan pelaksanaan suatu kurikulum sebagai masukan bagi pengambilan keputusan dalam pendidikan Islam.

2)      Menentukan tingkat keberhasilan dan kegagalan suatu kurikulum pendidikan Islam serta faktor-faktor yang  berkontribusi dalam suatu lingkungan tertentu.

3)      Mengembangkan berbagai alternative pemecahan masalah yang dapat digunakan dalam upaya perbaikan kurikulum Pendidikan Islam.

4)      Memahami dan menjelaskan karakteristik suatu kurikulum dan pelaksanaan suatu kurikulum.

 

sumber :

Anda mungkin juga suka...